Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Penajam Paser Utara

Authors

  • Dinda Ruszayanthi Universitas Mulawarman
  • Arbiyah Herlinawati Universitas Mulawarman
  • Dina Rahmawati Universitas Mulawarman
  • Warman Warman Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i2.4285

Keywords:

Canva, media pembelajaran, motivasi belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran berbasis Canva dalam meningkatkan motivasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek siswa kelas X-2 SMAN 1 Penajam Paser Utara sebanyak 36 siswa. Subjek dipilih berdasarkan hasil studi kasus dan pra observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat ketika pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan Canva sebagai media pembelajaran. Pembelajaran menggunakan Canva membuat siswa fokus pada pembelajaran. Media Canva merupakan salah satu media interaktif yang efektif untuk meningkatkan motivasi siswa. Media Canva juga merupakan salah satu media yang dapat menunjang semua gaya belajar siswa karena menyediakan berbagai macam fitur dan template yang dapat digunakan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haeruddin, R. A., Bustan, & Husen. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMA Negeri 1 Takalar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 821–826. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/588

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nurindah, S., Surani, D., & Hidayat, A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Kelas 8 SMP IT Bina Bangsa. Journal of Citizen Research and Development, 1(2), 424–431. https://doi.org/10.57235/jcrd.v1i2.3484

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva untuk Pendidikan di SMP. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290–297. https://journal.stiem.ac.id/index.php/resona/article/view/1843

Romadhoni, A. M. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Authors. Jurnal Citra Pendidikan, 4(1), 1561–1569. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/3094

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Sari, A. K., Hayat, M. S., & Hendra WW, D. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mipa 7 di Sma 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1429–1435. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4101

Siburian, R., Manullang, H., & Tamba, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas dan Ketertarikan Siswa dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1246–1254. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2548

Suciliyana, Y., & Rahman, L. O. A. (2020). Augmented reality sebagai media pendidikan kesehatan untuk anak usia sekolah. Jurnal Surya Muda, 2(1), 39–53. https://doi.org/10.38102/jsm.v2i1.51

Wibowo, T., Johansyah, R., & Astrina, V. (2022). Efektifitas aplikasi Canva untuk meningkatkan motivasi belajar siswa masa kini. J-Simbol, 10(2), 103–107. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/26645

Zaman, B., Pungksanti, P. T., & Handayani, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Pembuatan Materi Iklan Produk UMKM Desa Truko Kendal Menggunakan Canva. Tematik, 3(1), 228–236. https://doi.org/10.26623/tmt.v3i1.6373

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Ruszayanthi, D., Herlinawati, A., Rahmawati, D., & Warman, W. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Penajam Paser Utara. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 117–122. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i2.4285

Issue

Section

Articles