Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Penajam Paser Utara
DOI:
https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i2.4285Keywords:
Canva, media pembelajaran, motivasi belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran berbasis Canva dalam meningkatkan motivasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek siswa kelas X-2 SMAN 1 Penajam Paser Utara sebanyak 36 siswa. Subjek dipilih berdasarkan hasil studi kasus dan pra observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat ketika pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan Canva sebagai media pembelajaran. Pembelajaran menggunakan Canva membuat siswa fokus pada pembelajaran. Media Canva merupakan salah satu media interaktif yang efektif untuk meningkatkan motivasi siswa. Media Canva juga merupakan salah satu media yang dapat menunjang semua gaya belajar siswa karena menyediakan berbagai macam fitur dan template yang dapat digunakan oleh guru.
Downloads
References
Haeruddin, R. A., Bustan, & Husen. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMA Negeri 1 Takalar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 821–826. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/588
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nurindah, S., Surani, D., & Hidayat, A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Kelas 8 SMP IT Bina Bangsa. Journal of Citizen Research and Development, 1(2), 424–431. https://doi.org/10.57235/jcrd.v1i2.3484
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva untuk Pendidikan di SMP. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290–297. https://journal.stiem.ac.id/index.php/resona/article/view/1843
Romadhoni, A. M. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Authors. Jurnal Citra Pendidikan, 4(1), 1561–1569. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/3094
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
Sari, A. K., Hayat, M. S., & Hendra WW, D. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mipa 7 di Sma 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1429–1435. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4101
Siburian, R., Manullang, H., & Tamba, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas dan Ketertarikan Siswa dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1246–1254. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2548
Suciliyana, Y., & Rahman, L. O. A. (2020). Augmented reality sebagai media pendidikan kesehatan untuk anak usia sekolah. Jurnal Surya Muda, 2(1), 39–53. https://doi.org/10.38102/jsm.v2i1.51
Wibowo, T., Johansyah, R., & Astrina, V. (2022). Efektifitas aplikasi Canva untuk meningkatkan motivasi belajar siswa masa kini. J-Simbol, 10(2), 103–107. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/26645
Zaman, B., Pungksanti, P. T., & Handayani, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Pembuatan Materi Iklan Produk UMKM Desa Truko Kendal Menggunakan Canva. Tematik, 3(1), 228–236. https://doi.org/10.26623/tmt.v3i1.6373
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dinda Ruszayanthi, Arbiyah Herlinawati, Dina Rahmawati, Warman Warman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Every work in Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA 4.0 DEED Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.