Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Inklusif

Main Article Content

Faridatul Hasanah
Widyatmike Gede Mulawarman
Muh. Amir Masruhim

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan perencanaan manajemen sarana dan prasarana sekolah inklusi di SD Daarul Falihin. Rancangan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan, yaitu teknik triangulasi. SD Daarul falihin melaksanakan manajemen sarana dan prasarana dengan melakukan proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana. Hambatan dalam proses manajemen sarana dan prasarana adalah kurangnya dana untuk pengadaan sarana dan prasarana sekolah sedangkan kebutuhan sarana dan prasarana semakin banyak, kurangnya tenaga administrasi dalam mengelola manajemen sarana dan prasarana dan juga kurangnya sarana dan prasarana sekolah. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut, pertama, melakukan skala prioritas dalam pemilihan sarana dan prasarana yang paling penting dan harus didahulukan. Kedua, perekrutan tenaga administrasi sekolah untuk menangani sarana dan prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hasanah, F., Mulawarman, W. G., & Masruhim, M. A. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Inklusif. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 161-166. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2982
Section
Articles

References

Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Widya Puspita.
Aslindah, A., & Mulawarman, W. G. (2022). Membangun Masa Depan Melalui Manajemen Keuangan Pendidikan yang Efektif. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 65—74. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i2.2606
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223—227. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215—240. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295
Hanim, Z., & Wazir, A. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Efektivitas Kerja Guru di SMP Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1—6. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i1.455
Ismail, F., Pawero, A. M. D., & Bempah, A. (2021). Problematika Manajemen Sarana dan Prasarana di Madrasah Swasta. Journal of Islamic Education Leadership, 1(2), 108—124. https://doi.org/10.30984/jmpi.v1i2.155
Ismail, I., Hanim, Z., & Dwiyono, Y. (2021). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Di SD Negeri Kongbeng, Kutim. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 16—20. https://doi.org/10.30872/jimpian.v1i1.456
Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15—23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
Susilowati, T., Trisnamansyah, S., & Syaodih, C. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 920—928. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.513
Suvita, Y., Manullang, T. I. B., Sunardi, S., & Supriatna, M. (2022). Kelengkapan Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 155—164. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i2.601