Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pendidikan Karakter di TK Gloria Sunodia Samarinda

Main Article Content

Nancy.C.O.M. Pelealu

Abstract

Bunyi Pasal 31 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 sangat jelas menyatakan bahwa pendidikan itu milik semua warga negara Indonesia. Tidak terkecuali dalam hal ini anak usia dini. Sebegitu pentingnya pendidikan bagi kemajuan suatu bangsa, maka harus disadari bahwa pendidikan itu harus dimulai sejak usia dini. Dengan pendidikan yang baik sejak usia dini, maka karakter anak pun akan menjadi baik. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka bangsa ini akan memiliki generasi yang unggul dan bermartabat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis tentang manajemen pendidikan anak usia dini melalui pendidikan karakter pada anak usia dini dan dalam rangka mencari jawaban permasalahan tentang bagaimana pendidikan karakter, nilai-nilai karakter apa saja yang diterapkan, faktor apa saja yang mempengaruhi manajemen pendidikan karakter dan bagaimana dampak manajemen pendidikan karakter pada anak usia dini di TK Gloria Sunodia Samarinda. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dan bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua. Rangkaian statistik dilakukan melalui umpan balik, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan karakter di TK Gloria Sunodia dibangun sesuai dengan visi dan misi. Kepala Sekolah sebagai manajer pun melaksanakan kompetensi yang ditekankan pada kerja sama yang dilandasi dengan ketulusan, semangat dan loyalitas yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pelealu, N. (2023). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pendidikan Karakter di TK Gloria Sunodia Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 143-150. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2964
Section
Articles

References

Adyatma, R. T., Mulyanto, & Tahyudin, D. (2020). Interaksi Sosial Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter di SMA Negeri 2 Kayuagung. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 301–314. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1595
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4 312
Al Etivali, A. U. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 212—237. http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v10i2.6414
Ansori, S., Fadli, A., & Sutikno, M. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah Mewujudkan Kedisiplinan Peserta Didik di MA Al-Ijtihad Danger. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 10(1), 31–50. https://doi.org/10.20414/schemata.v10i1.2925
Faujiah, A., Tafsir, A., & Sumadi, S. (2018). Pengembangan Karakter Anak di Indonesia Heritage Foundation (IHF) Depok. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 163—186. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i2.294
Hasanah, F. F., & Munastiwi, E. (2019). Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 35—46. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-04
Hasanah, U. (2019). Upaya Guru dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini melalui Keteladanan dan Pembiasaan di PAUD Al-Amien Gunung Eleh Kedungdung Sampang. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 13—18. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1811
Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68—77. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(2), 82—89. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546
Lickona, T. (2012). Educating For Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Bumi Aksara.
Mugirotin, M., Yuliana, Y., Astuty, D., Datulayuk, S., & Mulawarman, W. G. (2022). Implementasi Model Analisis SWOT pada Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i1.2347
Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27–33. http://dx.doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2113
Rara Rasiana, & Siti alikha allyasari. (2023). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAUD Bina Bangsa Islamic School. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 38—48. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i3.577
Retnaningtyas, W., & Zulkarnaen, Z. (2023). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 374—383. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3826
Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85—102. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-06
Sormin, D., & Rangkuti, F. R. (2018). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Mi Terpadu Mutiara Kota Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 4(2), 219—232. https://doi.org/10.24952/tazkir.v4i2.1107
Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan Masyarakat dalam Membentuk Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, 34(2), 234—247 http://dx.doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828
Wowor, J., Palit, W. M. W., Erwin H, A., & Mulawarman, W. G. (2022). Analisis SWOT sebagai Strategi dalam Peningkatan Daya Saing Lembaga PAUD di TK Permata Kasih Balikpapan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 23-28. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i1.2337