Peran Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Mewujudkan Visi Misi Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i2.2949Keywords:
mutu pendidikan, visi, misi, madrasahAbstract
Pendidikan di Indonesia menghadapi banyak tantangan hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti manajemen yang lemah, kesenjangan infrastruktur, dukungan pemerintah yang tidak memadai, dan pandangan masyarakat yang konservatif. Dengan itu perlu adanya peningkatan mutu pendidikan, hal ini biasa dibawahi sistem penjamin mutu pendidikan. Tujuan dari sistem penjaminan mutu pendidikan adalah untuk membangun pendidikan berkualitas yang sesuai standar nasional pendidikan serta memenuhi harapan masyarakat. Sistem penjaminan mutu berfungsi sebagai prinsip panduan dan sumber inspirasi bagi kegiatan madrasah. Visi dan misi madrasah merupakan tujuan didirikannya madrasah. Penelitian ini menggali peran sistem penjaminan mutu dalam mewujudkan visi dan misi madrasah di MAN 2 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penjaminan mutu yang diterapkan telah berhasil mewujudkan visi dan misi madrasah. Beberapa contohnya keberhasilan visi dan misi yang diwujudkan seperti meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan kepercayaan di masyarakat. Kepemimpinan, sumber daya manusia, dan fasilitas pendukung menjadi peran penting dalam menerapkan sistem penjaminan mutu. Adapun upaya evaluasi dan perbaikan yang berkelanjutan terus dilakukan MAN 2 Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.
Downloads
References
Al Faruq, M. H., & Supriyanto. (2020). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 68. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p68-76
Aziz, F., & Supriyanto, I. (2023). Landasan Sistem Penjamin Mutu Internal pada MTs Negeri 4 Wonogiri. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10184–10198. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/964
Basyit, A. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 187–210. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/kordinat/article/view/8102
Fakhriah. (2022). Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 280–287. https://jurnalp4i.com/index.php/manajerial/article/view/1597
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148
Hidayah, N. (2022). Pandangan Terhadap Problematika Rendahnya Mutu Pendidikan di Indonesia. Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 6593–6601. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9183
Kadarisman, M. (2012). Manajemen Pengembang Sumberdaya Manusia. Raja Grafindo Persada.
Machali, I., & Hidayat, A. (2017). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Prenadamedia Group.
Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edification, 1(1), 119–125. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/ej/article/view/88
Maulansyah, R. D., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information Systems and Management, 2(5), 31–35. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/483
Meleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Minan, M. (2019). Praktik Kepemimpinan Tranformasional Dalam Meningkatkan Kompetensi kepribadian Guru Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 177–196. https://jurnalptiq.com/index.php/andragogi/article/view/53
Muaripin, M., Nugraha, F., & Prawira, Y. A. (2023). Implementasi Sistem Penjamin Mutu Madrasah. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 4(1), 79–94. https://doi.org/10.47281/fas.v4i1.134
Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Kualitas, 7(2), 48–63. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/6039
Patmawati, I., Ma’arif, M. N., Toyibah, E. H., & Rasmanah, C. (2023). Pentingnya Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah. Jurnal Pelita Nusantara, 1(2), 182–187. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i2.189
Rahmatullah, & Hidayat, W. (2021). Peran Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di SMPN 2 Parepare. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 143–170. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/2025
Rahwati, D. (2019). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Indonesia Journal of Education Management & Administration Review, 3(3). https://doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2945
Rozi, M. A. F. (2016). Strategi Pendidikan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi, 4(2), 322–336. https://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/edukasi/article/view/123
Salis, E. (2007). Total Quality Management in Education: Manajemen Mutu Pendidikan. Ircisod.
Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.
Zahrok, A. L. N. (2020). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 196–204. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.32867
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Every work in Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA 4.0 DEED Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.