Strategi dan Inovasi Kepemimpinan Kepala Madrasah MTs Negeri 9 Bantul

Main Article Content

Dhea Ika Felisa
Laila Fitria Handayani
Naufal Asyam Al Faras
Nurul Arfinanti

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Bantul merupakan sebuah institusi pendidikan tingkat menengah pertama yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan inovasi kepemimpinan kepala madrasah MTs Negeri Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam menjalankan kepemimpinan, kepala madrasah MTs Negeri 9 Bantul menggunakan beberapa strategi yang meliputi: 1) meningkatkan kualitas dan profesionalisme pendidik 2) membangun tim kerja yang solid, 3) melakukan kolaborasi internal dan eksternal, dan 4) menjaga komunikasi dengan seluruh warga madrasah. Selain itu, inovasi kepemimpinan kepala madrasah MTs Negeri 9 Bantul berupa 9 Program Unggulan MTs Negeri 9 Bantul. Pencapaian prestasi program-program ini tercermin dari peningkatan prestasi siswa, keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan, dan peningkatan kerjasama antara madrasah dengan komunitas sekitar. Inovasi program yang berjalan dengan efektif ini menandakan bahwasannya strategi kepemimpinan yang digunakan oleh kepala madrasah sudah tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Felisa, D. I., Handayani, L. F., Al Faras, N. A., & Arfinanti, N. (2024). Strategi dan Inovasi Kepemimpinan Kepala Madrasah MTs Negeri 9 Bantul . Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 73-84. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i1.2944
Section
Articles
Author Biographies

Dhea Ika Felisa, UIN Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
Email: dheaikafelisa11@gmail.com

Laila Fitria Handayani, UIN Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia 
Email: lailafitriah701@gmail.com

Naufal Asyam Al Faras, UIN Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia 
Email: naufalasyam63@gmail.com

Nurul Arfinanti, UIN Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia 
Email: nurul.arfinanti@uin-suka.ac.id   

References

Abdullah, W., Tihami, M. ., & Gunawan, A. (2023). Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Perilaku Organisasi Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 363–373. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2873
Anwar, M. (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Madrasah Aliyah Negeri Buleleng Bali. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 281–290. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.2309
Aristiyanto, R. (2023). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Madrasah di Indonesia Pada Era Modern. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(2), 101–108. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i2.2605
Budi, M. H. S. (2020). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah MIN 13 Ngawi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. SALIMIYA : Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(4), 152–170. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/205
Damayanti, D. (2022). Pentingnya Pendidikan Bagi Bangsa. https://osf.io/rbm42/download?format=pdf
Hidayanti, N. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (I). Magnum Pustaka Utama.
Kusmiati, L. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MAN 2 Kampar. Journal of Education and Teaching, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.24014/jete.v3i2.19886
M. Shobirin. (2016). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sekolah Menengah Kejuruan Unggulan Nurul Islam Larangan Brebes. OASIS (Objective And Accurate Sources of Islamic Studies), 1(1), 33–57. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/article/view/810
Mashabi, W. (2020). Peran Komunikasi Efektif Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Prosiding Nasional, 215–224. https://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/53
Rafida, Azma, & Yusuf, K. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Memotivasi Kerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu. Al-Tawjih: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 131–154. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/wjh/article/view/888
Sa’adah, K., Ainol, & Izzah, I. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Probolinggo. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 120–135. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.553
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 24–35. https://rumahjurnal.net/sagacious/article/view/1139
Syukri, A., Nuzuar, & Warsah, I. (2019). Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru. Jurusan Teknik Kimia USU, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i1.725
Taufan, J., Maria, R., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Mewujudkan Madrasah Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1337–1343. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.572
Tawary, B. I. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Mutu di Insan Cendekia Halmahera Barat Maluku Utara. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 369. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1195