Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan

Main Article Content

Rika Afriani
Widyatmike Gede Mulawarman
Nurlaili Nurlaili

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan tahun ajaran 2023/2024 dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian/asesmen pembelajaran. SMP Patra Dharma 2 Balikpapan adalah sekolah yang telah mengimplementasikan Kuirkulum Merdeka selama 2 tahun sehingga menarik untuk mengetahui lebih lanjut implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini, peneliti menjadi instrumen kunci yang bertindak sendiri untuk melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam perencanaan pembelajaran, guru merumuskan Tujuan Pembelajaran dari Capaian Pembelajaran yang telah disediakan oleh pemerintah. Selanjutnya guru menyusun Alur Tujuan Pembelajaran, Modul Ajar, dan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 2) Dalam pengorganisasian pembelajaran, sekolah telah menyusun SK pembagian tugas mengajar dan SK Fasilitator P5 untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai struktur Kurikulum Merdeka. 3) Dalam hal pelaksanaan pembelajaran, guru melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi yang diawali dengan asesmen diagnostik. Sekolah juga melaksanakan kegiatan P5 sebanyak 3 kali dalam setahun. 4) Asesmen/Penilaian yang dilakukan guru meliputi asesmen diagnostik, formatif, sumatif, dan asesmen P5. Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah ini berjalan lancar karena komitmen kepala sekolah dan guru serta dukungan orang tua dan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afriani, R., Mulawarman, W. G., & Nurlaili, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 123-132. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2930
Section
Articles

References

Amalia, I. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih di MAN 1 Nganjuk [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/52038/
Ansori, I. (2020). Pengembangan Kurikulum: Faktor Determinan dan Prinsipnya. Prosiding Nasional: Peluang dan Tantangan Studi Islam Interdisipliner dalam Bingkai Moderasi, 161–170. https://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/48
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 6(4), 5877–5889. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/3015
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 56–67. https://sj.eastasouth-institute.com/index.php/spp/article/view/110
Hildayati, H., Mayasari, A., & Nurliani, N. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas X-1 SMAN 4 Banjarmasin. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 53-60. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i2.2247
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tahun 2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Muadz, M. (2023). Pengembangan Model Optimalisasi Pemanfaatan PMM dalam Implementasi Merdeka Belajar Melalui Lokakarya bagi Satuan Pendidikan Jenjang SD di Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 680–702. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/140
Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Competitive: Journal of Education, 2(3). https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37
Nugraha, T. S. (2023). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/45301
Nugraheny, D. C., Syukrilah, Z., Haliza, F., & Zahroh, F. (2023). Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama. Pusaka: Journal of Educational Review, 1(1), 1–11. https://ejerp.id-sre.org/index.php/pjer/article/view/9
Permendikbudristek Nomor 262/M/2022 tentang Struktur Kurikulum Merdeka.
Rifa’i, A., Asih, N. E. K., & Fatmawati, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Syntax Admiration, 3(8), 1006–1013. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i8.471
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sutaris, R. (2022). Feasibility Study of Independent Curriculum Implementation. Pinisi Discretion Review, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.26858/pdr.v6i1.36986
Syahputri, K. R., Kholis, K., Puspitasari, N. A. A., Aisyah, S., & Sutrimah, S. (2023). Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bojonegoro pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 783–788. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/2080
Wisyatuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Impelementasinya, Merdeka Guru Siswa, Merdeka Dosen Mahasiwa, Semua Bahagia. Gramedia.