Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2929Keywords:
platform merdeka mengajar (PMM), peningkatan kompetensi guru, sekolah menengah kejuruanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini melibatkan beberapa guru SMK yang telah menggunakan PMM sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan mereka. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru-guru SMK, observasi terhadap penggunaan PMM dalam proses pembelajaran, dan analisis dokumen terkait penerapan PMM. Tujuannya adalah untuk memahami persepsi dan pengalaman para guru dalam penerapan PMM dan dampaknya terhadap peningkatan kompetensi mengajar di SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PMM secara signifikan meningkatkan kompetensi guru di SMK. PMM menyediakan akses yang lebih baik terhadap sumber daya pendidikan, pelatihan, dan kolaborasi antar guru. Para guru juga dapat berbagi pengalaman dan praktik terbaik, serta mendapatkan akses ke materi pembelajaran terbaru. Selain itu, PMM memungkinkan guru untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajar teknik-teknik kejuruan. Penelitian ini memberikan kontribusi yang penting dalam pengembangan pendidikan di SMK, khususnya dalam penggunaan teknologi dan platform online untuk meningkatkan kemampuan guru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pihak terkait dalam mengoptimalkan penggunaan PMM sebagai alat yang efektif dalam meningkatkan guru.
Downloads
References
Amirudin, A., Siregar, M., Anggara, A., Faridah, F., Faraiddin, M., & Syafridah, N. (2023). Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Belajar dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Satuan Pendidikan. 4(1), 1–4. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JPPG/article/view/13392
Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10340–10343. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10030
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Mudatsir, M., Riwu, L., & Mustakim, M. (2023). Optimalisasi Keterampilan Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendekatan Kolaboratif Era Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 71–80. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i2.2285
Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248–254. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201
Rohimat, S. (2022). Webinar Strategi Penyelesaian Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Pada Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 3(2). https://doi.org/10.26874/jakw.v3i2.251
Sari, A. S. L., Pramesti, C., Suryanti, S., & Suliana R.S., R. (2022). Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar Sebagai Wadah Belajar Dan Berkreasi Guru. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(1), 63–72. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas/article/view/6105
Tirtoni, F., Supriyadi, S., Astutik, I. R. I., Susilo, J., Fatmala, F. (2023). Sosialisasi Platform Kurikulum Merdeka Mengajar Kepada para Guru di SDN 3 Watesnegoro Kepada Para Guru di SDN 3 Watesnegoro. Kanigara, 3(2), 160–165 https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/7793
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
|
Every work in Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA 4.0 DEED Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.