Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Febry Budiman Rahmadani SMK Negeri 1 Muara Muntai
  • Kamaluddin Kamaluddin SMK Negeri 1 Muara Muntai

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2929

Keywords:

platform merdeka mengajar (PMM), peningkatan kompetensi guru, sekolah menengah kejuruan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini melibatkan beberapa guru SMK yang telah menggunakan PMM sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan mereka. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru-guru SMK, observasi terhadap penggunaan PMM dalam proses pembelajaran, dan analisis dokumen terkait penerapan PMM. Tujuannya adalah untuk memahami persepsi dan pengalaman para guru dalam penerapan PMM dan dampaknya terhadap peningkatan kompetensi mengajar di SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PMM secara signifikan meningkatkan kompetensi guru di SMK. PMM menyediakan akses yang lebih baik terhadap sumber daya pendidikan, pelatihan, dan kolaborasi antar guru. Para guru juga dapat berbagi pengalaman dan praktik terbaik, serta mendapatkan akses ke materi pembelajaran terbaru. Selain itu, PMM memungkinkan guru untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajar teknik-teknik kejuruan. Penelitian ini memberikan kontribusi yang penting dalam pengembangan pendidikan di SMK, khususnya dalam penggunaan teknologi dan platform online untuk meningkatkan kemampuan guru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pihak terkait dalam mengoptimalkan penggunaan PMM sebagai alat yang efektif dalam meningkatkan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin, A., Siregar, M., Anggara, A., Faridah, F., Faraiddin, M., & Syafridah, N. (2023). Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Belajar dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Satuan Pendidikan. 4(1), 1–4. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JPPG/article/view/13392

Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10340–10343. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10030

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Mudatsir, M., Riwu, L., & Mustakim, M. (2023). Optimalisasi Keterampilan Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendekatan Kolaboratif Era Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 71–80. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i2.2285

Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248–254. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201

Rohimat, S. (2022). Webinar Strategi Penyelesaian Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Pada Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 3(2). https://doi.org/10.26874/jakw.v3i2.251

Sari, A. S. L., Pramesti, C., Suryanti, S., & Suliana R.S., R. (2022). Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar Sebagai Wadah Belajar Dan Berkreasi Guru. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(1), 63–72. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas/article/view/6105

Tirtoni, F., Supriyadi, S., Astutik, I. R. I., Susilo, J., Fatmala, F. (2023). Sosialisasi Platform Kurikulum Merdeka Mengajar Kepada para Guru di SDN 3 Watesnegoro Kepada Para Guru di SDN 3 Watesnegoro. Kanigara, 3(2), 160–165 https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/7793

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Rahmadani, F. B., & Kamaluddin, K. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 113–122. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2929