Pemanfaatan Rapor Pendidikan untuk Penyusuanan Program Peningkatan Literasi di SDN 001 Teluk Alulu Kecamatan Maratua Kabupaten Berau pada Tahun 2023

Main Article Content

Nurdiansari Nurdiansari
Agus Purwo Utomo

Abstract

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Satuan pendidikan dapat menggunakan data hasil unduhan Rapor Pendidikan sebagai salah satu acuan dalam melakukan refleksi untuk satuan pendidikannya. satuan pendidikan juga dapat menggunakan lembar rekomendasi PBD sebagai acuan data yang lebih lengkap dan komprehensif. Kemampuan Literasi dan numerasi merupakan pondasi kemampuan belajar dan menjadi salah satu indikator penilaian dalam rapor Pendidikan. Penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi peningkatan literasi sekolah berdasarkan analisis rapor Pendidikan. Penelitian ini mengambil sampel SDN 001 Teluk Alulu Kecamatan Maratua Kabupaten Berau. penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20—25 Oktober 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi data Primer dan Wawancara dengan menggunakan Analisa Rapor Pendidikan SDN 001 Teluk Alulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis Rapor Pendidikan dimanfaatkan sekolah untuk meningkatkan kompeteni literasi. Pemanfaatan Rapor Pendidikan untuk Penyusunan Program Peningkatan Literasi Sekolah Dasar melalui beberapa tahapan yaitu, melakukan analisis Rapor Pendidikan, Menentukan prioritas perbaikan berdasarkan capaian terendah dari hasil analisis rapor Pendidikan dan menentukan program perbaikan yang tepat berdasrkan rekomendasi dari Rapor Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurdiansari, N., & Utomo, A. P. (2023). Pemanfaatan Rapor Pendidikan untuk Penyusuanan Program Peningkatan Literasi di SDN 001 Teluk Alulu Kecamatan Maratua Kabupaten Berau pada Tahun 2023. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 97-104. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2925
Section
Articles

References

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454
Pusat Bantuan | Rapor Pendidikan. (t.t.). Diambil 14 November 2023, dari https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/pusat-bantuan
Ringkasan | Rapor Pendidikan. (t.t.). Diambil 14 November 2023, dari https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/
Septiansyah, F. (2021). Mengenal Definisi Literasi dari Berbagai Sumber – Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Diambil 14 November 2023 dari https://sastraindonesia.upi.edu/2021/08/19/mengenal-definisi-literasi-dari-berbagai-sumber/
Sumarni, B. (2023). Berdasarkan Rapor Satuan pendidikan Dalam Menyusun Rencana Kerja Tahunan Dapat Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.51878/academia.v3i1.2046
Syamsuddin, M. A., & Harianto, B. T. (2023). Analisis Rapor Pendidikan sebagai Dasar Penyusunan Program Berbasis Data. Khazanah Intelektual, 7(2), 1717–1732. https://doi.org/10.37250/khazanah.v7i2.207
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti, 18–26. http://eprints.umk.ac.id/7379/6/3_Mulyo_Teguh.pdf
Utami, L. D. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Diambil 14 November 2023, dari https://perpustakaan.kemendagri.go.id/2021/03/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara