Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Deli Murni Bandar Baru

Main Article Content

Yohanes Kefi
Rosnelli Rosnelli

Abstract

Penelitian ini membahas peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Deli Murni Bandar Baru, Sibolangit. Sebagai sekolah penggerak, SMA Deli Murni Bandar Baru diharuskan menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai Permendikbud No. 5 Tahun 2022. Kepemimpinan transformasional dianggap krusial dalam memfasilitasi perubahan positif dan pengadopsian Kurikulum Merdeka. Dalam konteks ini, kepala sekolah berperan sebagai pemimpin pedagogis, menginspirasi staf dan siswa untuk mengadopsi perubahan positif, mengembangkan potensi, dan mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Tantangan implementasi Kurikulum Merdeka melibatkan kesiapan sekolah, terutama dalam aspek sumber daya manusia dan faktor geografis. Diperlukan kesiapan dan kompetensi kepala sekolah dalam memimpin dan menggerakkan seluruh elemen sekolah agar implementasi kurikulum berjalan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah berhasil menerapkan kepemimpinan transformasional dengan melibatkan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan. Kepemimpinan tersebut memberikan dukungan terhadap perubahan kurikulum, mengatasi hambatan, dan menciptakan lingkungan kondusif untuk implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Deli Murni Bandar Baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kefi, Y., & Rosnelli, R. (2024). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Deli Murni Bandar Baru. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 27-34. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i1.2919
Section
Articles

References

Bass, B. M. (1985). Leadership and Performance Beyond Expectation. Free Press.
Bass, B. M., & Avolio, B. J. (2000). MLQ: Multifactor Leadership Questionary (2nd edition). Sage.
Danim, S. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Kepemimpinan Jenius (IQ+EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos. Alfabeta.
Danim. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (Visi dan strategi sukses era teknologi, situasi kritis, dan internal pendidikan). Rineka Cipta.
Kuswaeri, I. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Tarbawi, 2(2), 1–13. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tarbawi/article/download/59/60
Mutholib, A., Hanim, Z., & Azainil, A. (2021). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Muara Wahau. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/jimpian.v1i1.457
Rahawarin, C., & Suharsimi, A. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173–188. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/6334
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmadhani, D., Yuliani, R. D., Arruan, A., & Mulawarman, W. G. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Penjasorkes: Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Tenggarong. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3(SE), 33–40. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2904
Setiawan, B. A., & Muhith, A. (2013). Transformational Leadership Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan. Raja Grafindo.
Suhaimi, & Malik, A. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Pada SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 4(1), 37–46. https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/186
Suriagiri, H. (2020). Kepemimpinan Transformasional. CV. Radja Publika.
Taufiq B. K., M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(1), 465–479. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/3170