Peran Literasi Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Adaptasi dan Transformasi di Era Digital

Main Article Content

Zaqia Rahma Dewi
Sunarni Sunarni

Abstract

Era digital telah merambat ke bidang pendidikan. Pengaruh digitalisasi tidak dapat dibendung namun dapat dilakukan upaya adaptasi dan transformasi. Digitalisasi memudahkan guru dan peserta didik dalam mengembangkan kualitas pembelajaran yang nantinya akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui: (1) peran literasi digital dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka; (2) strategi menghadapi era digitalisasi; serta (3) bentuk literasi digital. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Mojokerto dengan subjek penelitian, yakni Kepala Sekolah, Wakil Kepala bidang Kurikulum, dan Wakil Kepala bidang Kesiswaan. Hasil penelitian diperoleh, pertama, peran literasi digital dalam melaksanakan kurikulum merdeka selain sebagai pedoman dalam penggunaan teknologi secara bijak dan cerdas, literasi digital membentuk peserta didik dan guru ahli dalam mengoperasikan teknologi sehingga media pembelajaran lebih kreatif dan inovatif. Kedua, strategi dalam menghadapi era digitalisasi dengan mengikuti berbagai pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Ketiga, bentuk literasi digital, di antaranya pelaksanaan program perpustakaan digital serta penggunaan aplikasi berupa Canva, Prezi, Fizzy, dan Youtube yang mendukung dalam mempresentasikan hasil belajar dan pencarian sumber belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dewi, Z. R., & Sunarni, S. (2024). Peran Literasi Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Adaptasi dan Transformasi di Era Digital. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 9-14. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i1.2916
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Bina Akasara.
Bawden, D. (2008). Origins and Concepts of Digital Literacy. In Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices. Peter Lang Publishing.
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar.
Firmansyah, D., Saepuloh, D., Dede, D. (2022). Daya Saing: Literasi Digital dan Transformasi Digital. Journal of Fianance and Business Digital, 1(3), 237–250. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i3.1348
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Komunikasi dan Informasi. (2021). Sambut Baik LDN, Mendikbudristek: Kecakapan Digital Dipadu Kecerdasan dan Kebijakan.
Kementerian Komunikasi dan Informasi. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022.
Miles, M. B., dan Huberman, A. M. (1994). Qualitative data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.
Muliani, Anisah., Karimah, F.M., Liana, M.A., Pramudita, S.A.E., Riza, M.K., & Indramayu, A. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87–92. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/61
Nudiati, Deti dan Sudiapermana, Elih. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Conseling, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.307
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52
Prabowo, Thoriq. (2021). Efektivitas Sistem Temu Kembali Informasi Perpustakaan Digital Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dalam Tinjauan Recall dan Precision. Jurnal Media Pustakawan, 28(1), 37-48. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2590598&val=24389&title=Efektivitas%20Sistem%20Temu%20Kembali%20Informasi%20Perpustakaan%20Digital%20Institut%20Seni%20Indonesia%20ISI%20Yogyakarta%20dalam%20Tinjauan%20Recall%20dan%20Precision
Rahayu, K. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1395
Rosidah, Umi. (2021). Efektivitas Implementasi Microsoft 365 Untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Digital Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 1(1), 41–52. http://jurnalkalam.or.id/index.php/kalam/article/download/2/9
Safitri, N. A dan Adistana, G.A.Y.P. (2021). Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1503
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherdi, Devri. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemi. Deli Serdang: Cattleya Darmaya Fortuna
Ulfatin, Nurul dan Teguh Triwiyanto. (2022). Landasan Filosofis Kebutuhan Siswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar. Malang: PT Rajagrafindo Persada
UNESCO. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2
Widiana, I. W. (2022). Dampak Penggunaan E-learning Berbasis Asesmen Proyek Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 162–172. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48850