Proses Perumusan Strategi Analisis Formulasi Implementasi dan Evaluasi serta Model-Model Perumusan Strategi seperti Matriks BCG (Boston Consulting Group) Matriks Space dan Lainnya di Tingkat Sekolah Dasar

Main Article Content

Ellen Rotua Basaria Sitorus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen strategis beserta metode-metodenya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses manajemen strategis melibatkan beberapa tahapan yang saling terkait, antara lain: Analisis strategis: Tahap ini melibatkan pengamatan lingkungan, analisis faktor lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman), serta penentuan kunci keberhasilan, Formulasi strategi: Pada tahap ini, organisasi mengidentifikasi visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi. Formulasi strategi juga melibatkan analisis faktor strategis, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam situasi saat ini , Terdapat tiga aspek penting dalam formulasi strategi, yaitu formulasi strategi bisnis, formulasi strategi korporat, dan formulasi strategi fungsional, Implementasi strategi: Implementasi strategi adalah proses mengeksekusi rencana bisnis dan mengubahnya menjadi aksi nyata. Langkah-langkah dalam implementasi strategi meliputi alokasi sumber daya, perencanaan program, sistem pelaksanaan, pemantauan, dan pengawasan untuk memastikan rencana strategi terlaksana dengan baik, Evaluasi strategi: Evaluasi strategi dilakukan untuk mengevaluasi kinerja organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Evaluasi strategi melibatkan pengumpulan dan analisis data, serta pengambilan tindakan perbaikan jika diperlukan. Proses manajemen strategi sangat diperlukan dalam bidang pendidikan dan diperlukan metode yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sitorus, E. R. B. (2023). Proses Perumusan Strategi Analisis Formulasi Implementasi dan Evaluasi serta Model-Model Perumusan Strategi seperti Matriks BCG (Boston Consulting Group) Matriks Space dan Lainnya di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 49-54. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2914
Section
Articles

References

Afriyie, S.O., Appiah, K., Akomeah, M.O., Danso, P.O. (2019). Application of BCG as a Strategic Planning Tool to Assess the Sustainability and Growth of University Programs in a Competitive Market. American Journal of Multidisciplinary Research, 7(1), 964-973. http://174.138.182.137/handle/123456789/1255
Baroto, T., & Purbohadiningrat, C. (2014). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis PPOB KIPO Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM. Jurnal Teknik Industri, 15(1), 88–102. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/industri/article/view/2082
David, F. R., & David, F. R. (2016). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts. New Delhi: Pearson.
Gochani, S. M., Kazami, F., & Alavije, M.K. (2012). Application of SPACE Matrix. Developing Country Studies, 2(8), 50-59. https://www.researchgate.net/publication/341940279
Kholis, N. (2014). Manajemen strategi pendidikan: Formulasi, implementasi dan pengawasan. UIN SA Press.
Mohajan, H. K. (2018). An Analysis on BCG Growth Sharing Matrix. Noble International Journal of Business and Management Research, 2(1), 1-6. https://mpra.ub.uni-muenchen.de/84237/1/MPRA_paper_84237.pdf
Rusdiansyah. (2016). Analisis Strategi Aplikasi Penagihan dengan Metode SWOT. Bina Insani ICT Journal, 3(1), 145-153. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/811
Sanjaya, V. F., Shelawati, D., & Ghati, L. (2020). IFE EFE dan Grand Stratgy Industri Kuliner. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 1(2), 159-170. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/RJMBI/article/view/6588
Tambunan, W., Amelia, T., Priyana, F. P. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Manis Bakery. Jurnal INTECH Teknik Industri, 5(1), 23-34. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/INTECH/article/view/1067
Umar, H. (2019). Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Widiyarini & Hunusalela, Z.F. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM dalam Upaya Peningkatan Penjualan PT Prima Vista Solusi. Journal of Applied Business and Economic, 5(4), 384-397. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/JABE/article/view/4186