Faktor Keberhasilan dan Tantangan pada Program Dosen Sukarelawan Sebagai Guru di Sekolah Dasar

Main Article Content

Dyan Widya Agustina

Abstract

Pengabdian masyarakat adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memberikan peluang bagi dosen dan tenaga kependidikan untuk terlibat secara langsung dalam mendukung pendidikan di sekolah-sekolah sekitar kampus. Program dosen sukarelawan yang melibatkan dosen-dosen sebagai pengajar di sekolah dasar merupakan bentuk pelaksanaan pengabdian masyarakat. Program ini telah dilakukan sebagai program di Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, memanfaatkan wawancara kepada dosen, guru, kepala sekolah, orang tua, dan peserta didik, untuk menggali berbagai dimensi dari program. Laporan ini menyampaikan tantangan-tantangan yang menghambat integrasi program tersebut, seperti keterbatasan sumber daya, kesulitan dalam penyelarasan kurikulum, dan komitmen dosen relawan. Selain itu, penelitian ini mengkaji faktor-faktor keberhasilan yang memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan di pendidikan dasar, termasuk relawan yang bersemangat dan berdedikasi, metode pengajaran yang disesuaikan, keterlibatan masyarakat, dan lingkungan yang kolaboratif antara relawan dan manajemen sekolah. Temuan menunjukkan bahwa keterbatasan sumber daya dan penyelarasan kurikulum masih menjadi tantangan dalam implementasi program dosen sukarelawan. Dosen relawan yang bersemangat dan berdedikasi, metode pengajaran yang fleksibel, dan kolaborasi dengan komunitas masyarakat merupakan faktor keberhasilan penting yang berkontribusi terhadap keberhasilan program ini. Laporan ini mengungkap pentingnya menciptakan lingkungan yang mendukung dan kolaboratif di sekolah dasar, yang penting bagi keberhasilan program.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Agustina, D. W. (2023). Faktor Keberhasilan dan Tantangan pada Program Dosen Sukarelawan Sebagai Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 41-48. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2913
Section
Articles

References

Ariani, S. S. (2019). Persepsi Mahasiswa dalam Pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi. At-Tadbir, 3(1), 59—77. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3414
Brown, L. (2021). Volunteering in schools has ‘hugely positive impact’ on employees, report finds. https://www.peoplemanagement.co.uk/article/1745076/volunteering-in-schools-has-hugely-positive-impact-on-employees-report-finds
Cejka, E., & Rogers, C. (2006). Impacts of Industry Employee Volunteering in K 12 Classrooms. 2006 Annual Conference & Exposition, 1—16. https://peer.asee.org/1373
Fitriana, A. D. (2021). Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi sesuai Bidang Keilmuan Sebagai Upaya Personal Branding Dosen. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 11(2), 195—217. https://doi.org/10.35905/komunida.v11i02.2111
Forster, D. J., Archer, J., & Tajin, R. T. (2015). Volunteering within Initial Teacher Education: Factors that Boost and Block Participation. Australian Journal of Teacher Education, 40(11), 169—184. https://doi.org/10.14221/ ajte.2015v40n11.10
Luque-Suárez, M., Olmos-Gómez, M. D. C., Castán-García, M., & Portillo-Sánchez, R. (2021). Promoting Emotional and Social Well-Being and a Sense of Belonging in Adolescents through Participation in Volunteering. Healthcare (Basel, Switzerland), 9(3), 1—20. https://doi.org/10.3390/healthcare9030359
McFadden, A., & Smeaton, K. (2017). Amplifying Student Learning through Volunteering. Journal of University Teaching & Learning Practice, 14(3). https://ro.uow.edu.au/jutlp/vol14/iss3/6/
Muslim, S., Soeparjo, D., Ismayati, E., Joko, & Santosa, A. B. (2017). Supervisor Industri sebagai Guru Tamu di SMK. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. https://repositori.kemdikbud.go.id/10414/
Papavasileiou, V., Nikolaou, E. N., Xanthacou, Y., Papadomarkakis, I., Matzanos, D., & Kaila, M. (2016). Primary School Teachers' Views about Volunteering: An Empirical Study in Rhodes. GAI International Academic Conferences Proceedings - Educational and Social Sciences Conference, 1—8. https://www.researchgate.net/publication/311320551
Stukas, A. A., Daly, M., & Cowling, M. J. (2005). Volunteerism and the creation of social capital: A functional approach. Australian Journal of Volunteering, 10(2), 35–44. https://www.researchgate.net/publication/258311461
Toheri, T. (2019). Pedoman Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. CV Bilqis.
UCLA. (2013). Volunteers are an Important Part of a System of Student and Learning Supports. UCLA Center for Mental Health in Schools. https://smhp.psych.ucla.edu/pdfdocs/vols.pdf
Wolcott, Ilene & Ingwersen, Dean & Weston, Mike & Tzaros, Chris. (2008). Sustainability of A Long-Term Volunteer-Based Bird Monitoring Program: Recruitment, Retention and Attrition. Australian Journal on Volunteering, 13(1), 48—53. https://hdl.handle.net/10536/DRO/DU:30017113
Yuliawati, S. (2012). Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia. Widya, 29(318), 28—33. https://media.neliti.com/media/publications/218712-kajian-implementasi-tri-dharma-perguruan.pdf