Konsep Umum Evaluasi Kebijakan

Main Article Content

Warman Warman
Laili Komariyah
Khairunnisa Fitrah Umi Kaltsum

Abstract

Evaluasi kebijakan harus dilakukan karena tidak semua kebijakan berjalan sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Sebelum melakukan evaluasi evaluator perlu memahami konsep umum mengenai evaluasi kebijakan sehingga penyusunan artikel ini  bertujuan sebagai kerangka awal atau kajian teoritis untuk mendukung penelitian lainnya yang sejenis. Penyusunan artikel dilakukan melalui metode studi pustaka (library research) yaitu dengan mengumpulkan sumber data yang relevan dengan evaluasi kebijakan, kemudian dilengkapi dengan pemikiran penulis tentang topik yang di sajikan. Hasil pembahasan menjelaskan pengertian evaluasi kebijakan adalah suatu usaha menganalisis guna mencari kebenaran terhadap program yang berasal dari pihak berwenang melalui substansi/isi program, implementasi dan dampak dari kebijakan tersebut sehingga mampu menyediakan informasi yang objektif dan valid mengenai pencapaian suatu program dalam kebijakan. Tujuan evaluasi kebijakan adalah untuk: mengantisipasi perubahan, mengukur tingkat kesesuaian, efektivitas, mengetahui dampak, sebagai kontrol, rekomendasi, eksplanasi, pengembangan staf, kepatuhan, akreditasi, akuntabilitas, memberikan balikan, posisi politik, mengembangkan teori. Ditinjau dari segi waktu dan kronologi evaluasi terdiri atas: pre-program, on-going dan ex-post Pendekatan-pendekatan evaluasi terdiri atas: evaluasi formal, evaluasi semu dan evaluasi keputusan. Model-model evaluasi di antaranya: berorientasi tujuan, bebas tujuan, Sumatif, countenance, responsif, CIPP, CSE-UCLA, DEM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Warman, W., Komariyah, L., & Kaltsum, K. F. U. (2023). Konsep Umum Evaluasi Kebijakan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 25-32. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2912
Section
Articles

References

Affrian, R. (2020). Buku Penunjang Disertasi.
Agustina, R., & T Rahaju. (2021). Evaluasi penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Surabaya. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 4. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/39118
Al Hudib, H., & Cousins, J. B. (2022). Understanding Evaluation Policy and Organizational Capacity for Evaluation: An Interview Study. American Journal of Evaluation, 43(2). https://doi.org/10.1177/10982140211007573
Dewantara, Y. (2020). Evaluasi Kebijakan Program Pendidikan Inkulif. Universitas Muhammadiyah Malang.
Dilapanga, A., & Rantung, M. (2022). Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Publik. Deepublish.
Divayana, D. G. H., & Suyasa, P. W. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Synchronous Berbasis Meet Google Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Model Evaluasi CSE-UCLA. Lectura : Jurnal Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10534
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. http://dx.doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hajaroh, M. (2019). Pohon Teori Evaluasi Kebijakan dan Program (Metode, Nilai dan Menilai, Penggunaan). FOUNDASIA, 9(1). https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26149
Halimah, N. (2020). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 03 dan SMPN 17 Tangerang Selatan.
Hayat. (2019). Buku Kebijakan Publik. https://www.researchgate.net/publication/335788910
Kosowan, L., Shannon, S., Rothney, J., Halas, G., Enns, J., Holmqvist, M., Wener, P., Goertzen, L., & Katz, A. (2022). Informing the Physical Activity Evaluation Framework: A Scoping Review of Reviews. American Journal of Health Promotion, 36(2), 340–366. https://doi.org/10.1177/08901171211050059/ASSET/IMAGES/LARGE/10.1177_08901171211050059-FIG3.JPEG
Mardiah, M., & Syarifudin, S. (2019). Model-model evaluasi pendidikan. Mitra ash-shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.24
Mergoni, A., & De Witte, K. (2022). Policy Evaluation and Efficiency: a Systematic Literature Review. International Transactions in Operational Research, 29(3), 1337–1359. https://doi.org/10.1111/ITOR.13012
Mustafa, P. (2021). Model Discrepancy sebagai Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/1067
Nasihi, A., Asihati Ratna Hapsari, T., & Kota Jakarta Selatan, K. (2022). Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 1(1), 77–88. https://doi.org/10.56855/INTEL.V1I1.112
Permatasari, I. A. (2020). Kebijakan publik (teori, analisis, implementasi dan evaluasi kebijakan). TheJournalish: Social and Government, 1(1), 33–37. https://thejournalish.com/ojs/index.php/thejournalish/article/view/7
Prabowo, R., Setiawan, F., Wibowo, J. M., Oktarina, R., & Rahmadia, N. A. (2022). Evaluasi Kebijkan Pendidikan. Jurnal Impresi Indonesia, 1(8). https://doi.org/10.36418/jii.v1i8.298
Rama, A., Ambiyar, A., Rizal, F., Jalinus, N., Waskito, W., & Wulansari, R. E. (2023). Konsep model evaluasi context, input, process dan product (CIPP) di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 82. https://doi.org/10.29210/30032976000
Warman, W., Lorensius, L., & Rohana, R. (2021). Curriculum of Management in Improving the Quality of Catholic School Education in Samarinda City, East Kalimantan, Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 3677–3688. https://doi.org/10.33258/BIRCI.V4I3.2136