Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Penjasorkes: Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Tenggarong

Main Article Content

Descha Rahmadhani
Rini Dwi Yuliani
Ariantho Arruan
Widyatmike Gede Mulawarman

Abstract

Maju mundurnya suatu kualitas tenaga Pendidikan sangat berpengaruh pada peran kepemimpinan kepala sekolah dalam membina dan mengembangkan guru yang profesional, baik yang berkaitan dengan pengembangan kompetensi pedagogik, kreativitas, ilmu dan pengetahuan dalam memberikan motivasi. Untuk itulah penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengungkap secara mendalam person kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru penjasorsek di sekolah menengah pertama. Penlitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam penelitian kualitatif, data diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan teknik pengumpulan data sumber primer, dan sumber sekunder. Sehingga proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian terlihat bahwa peran kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru penjasorkes di sekolah menengah pertama dimana mempunyai peran yang baik tentang, kepala sekolah sebagai pendidik, kepala sekolah sebagai manajer, kepala sekolah sebagai administrator, kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai leader, kepala sekolah sebagai inovator, kepala sekolah sebagai motivator terhadap kompetensi pedagogik guru penjasorkes.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmadhani, D., Yuliani, R. D., Arruan, A., & Mulawarman, W. G. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Penjasorkes: Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Tenggarong. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 33-40. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2904
Section
Articles

References

E.Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosdkarya.
Hidayat, A., Muspawi, M., Rahman, K. A., & Ronansyah, M. F. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 162–181. http://dx.doi.org/10.21831/jump.v4i2.60500
Jabbar, A. A., & Hussein, A. M. (2020). The Role of Leadership in Strategic Management. International Journal of Research Granthaalayah, 5(5), 99–106. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v5.i5.2017.1841
Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson. To Maega, 3(2), 122–129. https://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/tomaega/article/view/413
KancaI. N. (2018). Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 21–27. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/155
Khoirussalim & Sidiq. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Nata Karya.
Mulyati, A. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pendidikan. Elidarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 1–16. https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/345
Ningsih & Nurhafizah. (2019). Konsep Kompetensi Pedagogik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 694–703. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/270
Noviati, Y. (2018). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Profesionalisme Guru Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 670–671. http://digilib.unimed.ac.id/35865/2/58.%20yuni%20novianti.pdf
Nurmasyitah, et all. (2015). Implementasi Manajemen Stratejik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Lhokseumawe. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2), 159–168. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2570
Purawanto. (2019). Kepemimpinan Pendidikan. Interlude.
Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(19), 165–176. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/938
Rahmadhani, D., Ramli, M., & Paryadi, B. (2022). Persepsi Kepemimpinan Virtual Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Penjas Orkes Se-Kecamatan Tenggarong. Borneo Physical Education Journal, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.30872/bpej.v3i1.1009
Rusdiana & Jahari. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Yayasan Darul Hikam.
Saifuddin, H., Priadana, B. W., & Ramadhan, N. (2021). Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga di Bojonegoro. Physical Activity Journal, 3(1), 65. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4814
Shobirin, M. (2016). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sekolah Menengah Kejuruan Unggulan Nurul Islam Larangan Brebes. Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1(1), 33–57. http://dx.doi.org/10.24235/oasis.v1i01.810
Ali, S. N. M., Harun, C. Z., & Djailani AR. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lambaro Angan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2), 116–127. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2566
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Tarsito.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Vikasari, S., & Darmiyanti, A. (2023). Persepsi Kepala Sekolah terhadap Etika dan Kinerja Pengawas Sekolah di MIS Al-Ishlah Kabupaten Bekasi. Journal on Education, 5(02), 1988–1993. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/842
Yunus, E. (2015). Manajemen Strategis Capaian Pembelajaran Capaian Pembelajaran Khusus (Penerbit A).
Amri, Y., & Suwandi. (2023). Manajemen Strategik Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 219–230. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/asatiza/article/view/1254