Strategik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Kurikulum Merdeka

Main Article Content

Yustinus Yustinus

Abstract

Lembaga pendidikan berupaya melakukan inovasi dengan berbagai strategik untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga mampu mencetak output (lulusan) sumber daya yang berkualitas dan mampu bersaing dalam menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Kurikulum merdeka saat ini merupakan salah satu opsi pilihan bagi lembaga pendidikan untuk memulihkan krisis pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah perlu melakukan strategik dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka agar tujuan yang diinginkan dalam kebijakan kurikulum merdeka dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategik kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis kurikulum merdeka. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategik kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis kurikulum merdeka dilakukan dengan cara penguatan sumber daya manusia, strategik pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler, strategik membangun komunikasi dan kolaborasi, serta mengimplementasikan kurikulum merdeka sesuai dengan kebutuhan dan keadaan sekolah. Strategik kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis kurikulum merdeka dapat memulihkan krisis pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yustinus, Y. (2023). Strategik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(SE), 11-24. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2902
Section
Articles
Author Biography

Yustinus Yustinus, Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
yustinussanda@gmail.com

References

Akhmad, A. (2017). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 171–175. https://doi.org/10.17977/um025v1i22017p171
Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863–5873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Ariesanti, D., Mudiono, A., & Arifin, S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 1896–1907. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.995
Ashari, T., & Haq, M. S. (2023). Peran Manajerial Kepala Sekolah Pada Program Sekolah Penggerak di SMA Labschool Unesa. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(4). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/55955
Azainil, A., Komariyah, L., & Yan, Y. (2021). The effect of principal’s managerial competence and teacher discipline on teacher productivity. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(2), 563–579. https://doi.org/10.18844/CJES.V16I2.5634
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118. hhttps://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3015
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. SAGE Publications.
DeMatthews, D. E., Serafini, A., & Watson, T. N. (2021). Leading Inclusive Schools: Principal Perceptions, Practices, and Challenges to Meaningful Change. Educational Administration Quarterly, 57(1), 3–48. https://doi.org/10.1177/0013161X20913897
Dhuey, E., & Smith, J. (2018). How school principals influence student learning. Empirical Economics, 54(2), 851–882. https://doi.org/10.1007/s00181-017-1259-9
Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.7
Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2). https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230
Hanafi, Y., Taufiq, A., Saefi, M., Ikhsan, M. A., Diyana, T. N., Thoriquttyas, T., & Anam, F. K. (2021). The new identity of Indonesian Islamic boarding schools in the “new normal”: the education leadership response to COVID-19. Heliyon, 7(3). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06549
Hanim, Z., Anggal, N., & Sanda, Y. (2023). Strategi Pembiayaan Pendidikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik Swasta untuk Pemenuhan Capaian Kinerja. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(2), 604. https://doi.org/10.29210/020232813
Hanim, Z., Julaiha, S., Roesminingsih, E., Sanda, Y., Yau, L., Pitriyani, A., Yesepa, Y., Kristianus, K., Subqi, M. A., & Fatcholis, F. (2023). Pelatihan Perencanaan Strategik Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 313–321. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2394
Hanim, Z., Syahrani, A. W., & Soe’oed, R. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Sekolah Islam Terpadu (SMP) Cordova Samarinda. International Journal of Education, 1, 17–36. https://jurcon.ums.edu.my/ojums/index.php/bije/article/view/1775
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing.
Ismail, Hanim, Z., & Dwiyono, Y. (2021). Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri Kongbeng, Kutim. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 1(April), 16–20. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/view/456/255
Kemendikbudristek. (2021). Kemendikbud Luncurkan Merdeka Belajar Episode 7: Program Sekolah Penggerak. Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022a). Buku saku merdeka belajar; Prinsip dan Implementasi Pada Jenjang Pendidikan SMA. Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022b). Kurikulum Merdeka: Pembelajaran dengan Paradigma Baru dan Berdiferensiasi. Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022c). Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022d). Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA/MA/Bentuk Lain yang Sederajat. Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022e). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Lai, E. (2015). Enacting principal leadership: exploiting situated possibilities to build school capacity for change. Research Papers in Education, 30(1), 70–94. https://doi.org/10.1080/02671522.2014.880939
Lase, D. R., & Sari, D. N. (2023). Manajemen Perubahan Model Adkar dalam Pendidikan Pada Sekolah Penggerak di SMPN 1 Pabelan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 232–240. https://kpd.ejournal.unri.ac.id/index.php/kpd/article/view/186
Miles, & Huberman. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. SAGE Publications.
Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Tantangannya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 800–807. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam Kurikulum Prototype. As-Sabiqun, 4(1), 115–131. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1683
Sanda, Y., Pitriyani, A., & Yesepa, Y. (2022). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(1), 79–88. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i1.765
Sanda, Y., Warman, W., Pitriyani, A., & Yesepa, Y. (2022). Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Melalui Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.47855
Soe’oed, R., Hanim, Z., Sanda, Y., & Yau, L. (2022). Pendampingan Peningkatan Mutu Pengajaran Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Samarinda. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 355–367. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1998
Sudarmanto. (2021). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Keterlaksanaan Kepemimpinan Sekolah Pada Program Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(4), 462–472. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/26520
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Suparno, S., Hidayanto, D. N., & Labulan, P. (2020). Manajemen Pembinaan Prestasi Olahraga di Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kalimantan Timur. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.24903/pm.v4i1.393
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/12696
Yin, R. K. (2009). Case study research: Design and methods (Vol. 5). SAGE Publications.