Membangun Masa Depan Melalui Manajemen Keuangan Pendidikan yang Efektif
DOI:
https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i2.2606Keywords:
menajemen keuangan, pendidikan efektifAbstract
Tujuan Tulisan ini menyajikan tentang pentingnya membangun masa depan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui penyelenggaraan pendidikan yang efektif. Salah satu standar untuk meningkatkan Pendidikan yang efektif di Indonesia adalah standar pembiayaan. Kemampuan pembiayaan merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan praktik-praktik penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Dalam konteks ini keuangan merupakan sumber dana yang sangat diperlukan sekolah sebagai alat untuk melengkapi berbagai sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah, meningkatkan kesejahteraan guru, layanan dan pelaksanaan program supervisi. Metodologi atau Pendekatan - yang digunakan dalam tulisan ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan/atau mengekplorasi beberapa Jurnal, buku, dan dokumen-dokumen (baik yang berbentuk cetak maupun elektronik) serta sumber-sumber data dan atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian.Temuan dalam kajian ini adalah manajemen keuangan pendidikan dapat dimaknai sebagai suatu aktivitas yang mengatur keuangan sekolah melalui fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pembukuan, penggunaan keuangan atau pembelanjaan, pencatatan, pengawasan serta pertanggungjawaban yang diharapkan akan tercipta tata kelola keuangan sekolah yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan. Untuk itu dalam pelaksanaanya, kepala sekolah, bendahara dan staf dituntut untuk senantiasa berpegang teguh pada prinsip-prinsip manajemen keuangan yakni: (1) transparan, (2) akuntabilitas, (3) efektif (4) efisien.
Downloads
References
Alkurnia, R., & Anggraini, A. (2017). Pengelolaan Manajemen Keuangan pada Lembaga Pendidikan (Studi pada sekolah Al-Islam dan Muhammadiyah di Surakarta). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, Bisnis dan Keuangan. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/10710
Arwildayanto, Lamatenggo, N., & Sumar, W. T. (2017). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan. Widya Padjadjara.
Budaya, B. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan pada Sekolah Dasar yang Efektif. Jurnal Likhitaprajna, 18(1), 42—59. https://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/27
Deca, D. (2023). Optimalisasi Peran Bendahara dalam Manajemen Keuangan di RA Raudhatul Jannah Cimerak. Ekodestinasi, 1(1), 13—19. https://glorespublication.org/index.php/ekodestinasi/article/view/18
Dilla, R. F. (2019). Manajemen Keuangan Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Wealth Management: Studi di TK Ceria Demangan Baru Yogyakarta. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 353—371. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.42-09
Dimyati, A. H. (2016). Manajemen Keuangan Pendidikan dalam Pandangan Islam. Al'tibar, 3(6), 132—146.
Fadhila, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ukpy
Fironika K., R. (2005). Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 43—64. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/755
Hamidah, A. Z. (2022). Konsep dan Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan di Madrasah. Jurnal Mubtadiin, 4(1), 88—100. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/562
Handoko, C., & Tukiran (2022). Manajemen Kepala Sekolah/Madrasah Dalam Sistem Pengelolaan Keuangan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 8(2), 1—23. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/164
Harniyah, N. (2015). Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Prestasi Pustaka.
Hikmah, H. (2018). Optimalisasi Manajemen Keuangan Pendidikan di Indonesia. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 1(2), 37—53. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/308
Iskandar, J. (2019). Implementasi Sistem Manajemen Keuangan. Idaarah, 3(1), 114–123. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/8133
Ismail, I., Hanim, Z., & Dwiyono, Y. (2021). Peran Komite Sekolah dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri Kongbeng, Kutim. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 1(1), 16-20. https://doi.org/10.30872/jimpian.v1i1.456
Kadarman, A. M., & Udaya, J. (1992). Pengantar Ilmu Manajemen. Prenhallindo.
Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan. Al-Afkar, 6(1), 67—94. http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/al-afkar/article/view/192
Muhtar, M. A., Taufik BK, & Akil, H. (2021). Perencanaan Keuangan Sekolah Dan Upaya Perbaikan Sistem Manajemen Keuangan di Ra-Abata Mardhotillah. PeTeKa, 4(3), 524–531. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/4890
Permana, I. A., & Sudrajat, J. (2022). Pengelolaan Manajemen dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1479—1487. https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/590
Pidarta, M. (1999). Manajemen Pendidikan Indonesia. Bina Aksara.
Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 73—77. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.430
Sudrajat, A. (2010). “Manajemen Keuangan Sekolah”. Diperoleh dari https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/01/18/konsep-dasar-manajemen-keuangan-sekolah/
Sulistiyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Teras.
Yuspiani, & Hidayat, M. (2022). Manajemen Keuangan Pendidikan (Analisis Investasi Pendidikan). Jurnal Idaarah, 6(1), 1—14. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/27545/14938
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
|
Every work in Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA 4.0 DEED Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.