Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Madrasah di Indonesia Pada Era Modern

Main Article Content

Roma Aristiyanto

Abstract

Penelitian ini menggali secara mendalam eksistensi madrasah dalam konteks pendidikan Islam di era kontemporer Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan merujuk pada sumber-sumber primer seperti jurnal ilmiah, penelitian ini menelusuri posisi madrasah dalam hal lulusan, diploma, kurikulum, dan peluang kerja. Hasil penelitian menyoroti bahwa madrasah kini memiliki peran yang setara dengan sekolah umum dalam mencetak lulusan berkualitas dan mempersiapkan mereka untuk dunia kerja. Temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya madrasah dalam memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat Indonesia yang multikultural, sambil menjaga keberlanjutan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini tidak hanya meningkatkan pemahaman kita tentang madrasah, tetapi juga memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan Islam kontemporer.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aristiyanto, R. (2023). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Madrasah di Indonesia Pada Era Modern. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 101-108. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i2.2605
Section
Articles

References

Baderiah. (2015). Reorientasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Akhlak Era Millenium Ketiga. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1546/1/PENDIDIKAN ISLAM.pdf
Badrudin, B., Purwanto, Y., & Siregar, C. N. (2018). Pesantren dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1), 233—272. https://doi.org/10.31291/jlk.v15i1.522
Daulay, M. R. (2021). Sejarah Madrasah di Indonesia (Pendekatan Sejarah Dan Perkembangannya). FORUM Paedagogik, 12(1), 93—108 http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/3611
Frimayanti, A. I. (2015). Latar Belakang Sosial Berdirinya Lembaga Pendidikan Islam Terpadu di Indonesia. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 16—26. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1476
Herson A. (2017). Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Perspektif Pengelolaan Madrasah Aliyah Swasta. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5, 15—27. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/405
Mubin, F. (2020). Politik Pendidikan Islam Indonesia: Perlawanan Pesantren Terhadap Hegemoni Pendidikan Barat Era Klonialisme Belanda. Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 123—135. https://jurnal.stitalamin.ac.id/index.php/alamin/article/view/45
Noor, F. A., Sikand, Y., & Bruinessen, M. Van. (2007). The Madrasa in Asia Political Activism and Transnational Linkages. In Amsterdam University Press. https://doi.org/10.1515/9789048501380-011
Pribadi, Y. (2022). Sekolah Islam (Islamic Schools) as Symbols of Indonesia's Urban Muslim Identity. TRaNS: Trans-Regional and -National Studies of Southeast Asia, 10(2), 203—218. https://doi.org/10.1017/trn.2021.15
Purnomo, M. H. (2016). Pendidikan Islam (Integrasi Nilai-nilai Humanis, Liberasi dan Transendensi: Sebuah Gagasan Paradima Baru Pendidikan). Absolute Media.
Rasajid, H. A. (2013). Urgensi Madrasah di Era Kontemporer. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 180—200. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.1.180-200
Raya, M. K. F. R. (2018). Sejarah Orientasi Pendidikan Islam di Indonesia (dari Masa Kolonialisme hingga Orde Baru). Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 327—346. https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/202
Sari, Y., Zaini, M., & Laili, N. (2020). Eksistensi Madrasah di Era Kontemporer Perspektif Ilmu Pendidikan Islam. Jurnal Al-Qiyam, 1(2), 83—90. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i2.130
Sirojudin, A. (2019). Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 204—219. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.162
Supa’at. (2011). Transformation of Madrasah in National Education System. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 15(1), 155—186. http://dx.doi.org/10.21831/pep.v15i1.1092
Yahiji, K., & Damhuri, D. (2019). Revitalisasi Pembinaan Akhlak Peserta Didik dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Quotient di Era 4.0. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1—15. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1020