Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 6 Samarinda di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Sri Wahyuni
Widyatmike Gede Mulawarman
Laili Komariyah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 6 Samarinda di masa pandemi covid-19, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Adapun analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan diperoleh nilai R = 0,707, angka ini menunjukkan pengaruh atau hubungan yang kuat dari variabel kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan kinerja guru berpengaruh signifikan prestasi belajar siswa SMK Negeri 6 Samarinda. Hal tersebut dikuatkan nilai R Square (R2) sebesar 0,500 yang berarti prestasi belajar siswa (Y) diterangkan oleh variabel kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan kinerja guru sebesar 50% dan sisanya sebesar 50% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikemukakan dalam penelitian ini. Selanjutnya secara simultan variabel kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 6 Samarinda. Secara parsial variabel kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan kinerja guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 6 Samarinda, namun kompetensi kewirausahaan kepala sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 6 Samarinda adalah variabel kinerja guru. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 2,601 lebih besar dibanding nilai variabel lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, S., Mulawarman, W. G., & Komariyah, L. (2022). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 6 Samarinda di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 35-42. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i2.2581
Section
Articles

References

Amini, & Ginting, N. (2020). Otonomi Pendidikan di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah). Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 305-314. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/al-muaddib/article/view/2460
Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Azlan, C. A., Wong, J. H. D., Tan, L. K., Huri, M. S. N. A. D., Ung, N. M., Pallath, V., Tan, C. P. L., Yeong, C. H., & Ng, K. H. (2020). Teaching and Learning of Postgraduate Medical Physics Using Internet-based E-learning During the COVID-19 Pandemic – A Case Study from Malaysia. Physica Medica, 80, 10–16. https://doi.org/10.1016/j.ejmp.2020.10.002
Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Gava Media.
Hanim, Z., & Wazir, A. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Efektivitas Kerja Guru di SMP Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN), 2(1), 1—6. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i1.455
Komariyah, L., Amon, L., Wardhana, A., Priyandono, L., Poernomo, S. A., Januar, S., Harliansyah, Satriawarman, T., Bustami, M. R., Heriman, Firmansyah, Pratama, P. A., Sumantri, W. H., Rianti, Rusdawati, Yusniar, Sripeni, Ping, T., Rohana, … Hadiyanti, D. (2021). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Abad 21. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Nisa, Komariyah, L., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 6 Samarinda. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(1), 21—30. https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article/view/1053
Purnawati, E. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa OTKP SMKN 1 Boyolangu. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 182–194. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p182-194
Sarwoko, E., Surachman, Armanu, & Hadiwidjojo, D. (2013). Entrepreneurial Characteristics and Competency as Determinants of Business Performance in SMEs. IOSR Journal of Business and Management, 7(3), 31—38. https://www.iosrjournals.org/iosr-jbm/papers/Vol7-issue3/E0733138.pdf
Siteni, La. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerjamengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(2), 173—181. https://media.neliti.com/media/publications/129627-ID-pengaruh-kepemimpinan-kepala-sekolah-dan.pdf
Spencer, L. M., & Spencer, S. M. (1993). Competence at Work: Models for Superior Performance. John Wiley & Sons.
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, & Roysa, M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 7(1), 122–128. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882
Syarifuddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas di SD IT Ihsanul Amal. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 181—190. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/233
Umami, D. R., & Roesminingsih, E. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Ujian Nasional (UN) di SMA Negeri Se Kota Mojokerto. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 81–88. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/6631
Yamin. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Gaung Persada Press.
Yusniar. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Usaha terhadap Peningkatan Keberhasilan Usaha Industri Kecil Batu Bata di Kecamatan Muara Batu dan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 59—67. https://journal.unimal.ac.id/visi/article/view/303