Efektivitas Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SMPN 2 Kota Ternate

Main Article Content

Ramdani Salam
Pamuti Pamuti
Nasarudin Nasarudin

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi program SRA di SMPN 2 Kota Ternate dan dampaknya pada pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif dengan fokus pada pengumpulan, analisis, dan penyajian informasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi mendukung pemahaman mendalam tentang implementasi dan hasilnya. Implementasi program SRA ini mencakup pembentukan lingkungan inklusif, kualitas pembelajaran yang lebih baik, keterlibatan komunitas, pengelolaan lingkungan berkelanjutan, dan partisipasi yang lebih transparan. Meskipun terdapat kendala seperti pergantian kepemimpinan dan kurangnya partisipasi dalam pelatihan, implementasi telah membawa dampak positif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mengajarkan tanggung jawab terhadap lingkungan. Kesimpulannya, program SRA di SMPN 2 Kota Ternate memberikan dampak positif pada lingkungan sekolah dan pembentukan karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Salam, R., Pamuti, P., & Nasarudin, N. (2023). Efektivitas Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SMPN 2 Kota Ternate. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 81-88. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i2.2538
Section
Articles

References

Hajaroh, M., Andriani, R. L., & Saptono, P. B. (2017). Analisis Kebijakan Analisis Kebijakan Sekolah Ramah Anak Sekolah Ramah Anak Di Kawasan Pesisir Di Kawasan Pesisir Wisata Wisata Penerbit Andi Yogyakarta.
Inniyah, S., & Mulawarman, W. G. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Program Sekolah Ramah Anak Pada Smp Negeri 2 Tenggarong Dengan Model Evaluasi Cipp. Jurnal Ilmu Manajemen Dan ….
Kemenpppa. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Deputi Tumbuh Kembang Anak.
KPAI. (2022). Data Kasus Perlindungan Anak 2022.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pt Remaja Rosda Karya.
Mustari, N. (2015). Pemahaman Kebijakan Publik. Luetika Nouvalitera.
Rada, A. M., Malik, F., & Marasaoly, S. (2022). Pencegahan Perilaku Perundungan (Bullying) Pada Kalangan Pelajar Di Kota Ternate. Khairun Journal of Advocacy and Legal Services, 1(1), 14—21. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/kjals/article/view/5582/3575
Rohmawati, N., & Hangestiningsih, E. (2019). Kajian Program Sekolah Ramah Anak Dalam Pembentukan Karakter Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 225—229. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4752
Sebrina, A. A., & Sukirman, D. (2019). Implementasi Kurikulum Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 98—116. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/download/19748/11948
Sero, D. S. (2022). Komisi III DPRD Kota Ternate Desak Disdik Segera Selesaikan Masalah Tanah Sekolah. https://indotimur.com/Pendidikan/Komisi-Iii-Dprd-Kota-Ternate-Desak-Disdik-Segera-Selesaikan-Masalah-Tanah-Sekolah
Umar, S. H., & Umawaitina, M. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Program Sekolah Sehat dan Ramah Anak di SMP Negeri 7 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 2(1), 137—143. https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1464
Unicef. (2020). Perundungan di Indonesia: Fakta-fakta Kunci, Solusi, dan Rekomendasi. https://www.unicef.org/indonesia/media/5691/file/Fact%20Sheet%20Perkawinan%20Anak%20di%20Indonesia.pdf
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145—154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480
Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129—153. https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i2.58