Implementasi Model Analisis SWOT pada Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Samarinda

Main Article Content

Mugirotin Mugirotin
Yuliana Yuliana
Diah Astuty
Santian Datulayuk
Widyatmike Gede Mulawarman

Abstract

Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman suatu organisasi. Analisis SWOT adalah bagian dari tahap perencanaan strategis suatu organisasi yang terdiri dari tahap pengumpulan data, tahap analisis, dan tahap pengambilan keputusan. Dalam tahap pengumpulan data dapat dilakukan dengan menganalisis keadaan organisasi baik internal maupun eksternal. Selanjutnya adalah memanfaatkan semua informasi tersebut dalam model-model perumusan strategis sekolah. Salah satu model pemecahan masalah yang dapat digunakan adalah model matriks SWOT. Setelah dilakukan analisis SWOT di SMP Negeri 2 Samarinda dapat dikemukakan beberapa contoh langkah strategis sekolah untuk peningkatan mutu, antara lain: Mengembangkan sekolah aman, nyaman, dan menyenangkan dengan berbasis pembentukan karakter, pemanfaatan teknologi dalam proses kegiatan belajar mengajar, mencetak lulusan yang berkualitas dalam akademik dan non akademik sehingga masyarakat percaya terhadap kualitas lembaga.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mugirotin, M., Yuliana, Y., Astuty, D., Datulayuk, S., & Mulawarman, W. G. (2022). Implementasi Model Analisis SWOT pada Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i1.2347
Section
Articles

References

Akdon. (2009). Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
David, F. R. (2006) Manajemen Strategis: Konsep. Salemba Empat.
Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Rajawali Pers.
Fahmi, I. (2014). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Tanya Jawab. Alfabeta.
Fajri, E. Z., & Senja, R. A. (2008). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Difa Publiser.
Garnika, E., Rohiyatun, B., & Najwa, L. (2021). Implementasi Analisis SWOT dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Journal of Administration and Educational Management, 4(2), 162–169. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.3031
Gitosudarmo, I., & Basri. (2001). Manajemen Keuangan. BPFE.
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan, Konsep, Prinsip san Aplikasi dalam Mengelolah Sekolah dan Madrasah. Kaukaba.
Hitt, M. A., Ireland, R. D., Hoskisson, R. E. (1997). Manajemen Strategis: Menyongsong Era Persaingan dan Globalisasi. Erlangga.
Jatmiko. (2004). Manajemen Strategik. UMM Press.
Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Gramedia Pustaka Utama.
Siagian, S. P. (1995). Manajemen Strategi. Bumi Aksara.
Sodikin & Gumiandari, S. (2022). Analisis SWOT Mutu Evaluasi Pembelajaran. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1), 59–69. https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p59-69
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97-112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205
Hadi, S. (2020). Model Pengembangan Mutu di Lembaga Pendidikan. PENSA, 2(3), 321-347. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/980
Hasanah, N. H., Sobry, M., & Anggraini, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi dalam Perspektif Strengt, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT): Studi di SD Negeri 42 Ampenan. El Midad, 13(1), 15–27. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.3368