Strategi Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan: Kajian Analisis SWOT

Main Article Content

Rika Afriani
Regina Seffina Ardhyaningrum
Novayanti Novayanti
Widyatmike Gede Mulawarman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian analisis SWOT sebagai strategi  meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan kepala sekolah adalah dengan melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Patra Dharma 2 Balikpapan telah menggunakan analisis SWOT sebagai langkah awal untuk melakukan perencanaan strategis dalam upaya pengembangan kapasitas dan mutu pendidik dan tenaga kependidikannya. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa SMP Patra Dharma 2 Balikpapan memiliki jumlah strengths (kekuatan) yang lebih banyak dibandingkan weaknesses (kelemahan). Sekolah ini memiliki 12 kekuatan dan 6 kelemahan, perbandingannya ialah 2:1 sehingga menghasilkan peluang lebih besar, yaitu 7 peluang dengan tantangan yang semakin sedikit, yaitu 4 tantangan. Berdasarkan data yang telah terkumpul dan juga dari hasil analisis SWOT, SMP Patra Dharma 2 Balikpapan berada di kuadran 1 yang mana merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Sekolah tersebut memiliki peluang dan kekuatan yang tinggi atau besar, sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy). Meskipun menghadapi berbagai tantangan, pihak sekolah masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang diterapkan pun menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afriani, R., Ardhyaningrum, R. S., Novayanti, N., & Mulawarman, W. G. (2022). Strategi Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan: Kajian Analisis SWOT. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 57-64. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i2.2338
Section
Articles

References

Garnika, E., Rohiyatun, B., & Najwa, L. (2021). Implementasi Analisis SWOT dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 4(2), 162—169. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/ALIGNMENT/article/view/3031
Hadi, A. (2013). Konsep Analisis SWOT dalam Peningkatan Mutu Lembaga Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 143—158. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/494
Herawati, T. (2020). “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MIN 1 Kapuas”. Tesis. Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.
Machali, I., & Hidayat, A. (2016). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelola Sekolah/Madrasah di Indonesia. Prenadamedia.
Marlina, M. (2014). “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Raudhatun Nasihin Semendo Darat Kabupaten Muara Enim”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Nauval, M. (2022). “Analisis SWOT Terhadap Kompetensi Guru Di MTs Negeri 9 Cirebon.” Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nur, M., Harun, C. Z., Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 93—103. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2611
Pandipa, A. K. (2019). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 12(1), 1—9. https://ojs.unsimar.ac.id/index.php/administratie/article/view/241
Satria, R., Shahbana, E. B. (2020). SWOT Analysis of Strengthening Education Character in Junior High School. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 56—67. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/download/827/579/
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujoko, E. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berdasarkan Analisis SWOT di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan (Kelola), 4(1), 83—96. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p83-96
Suriono, Z. (2021). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY: Journal of Education, 1(3), 94—103. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.50
Susanti, E. (2018). “Implementasi Analisis SWOT dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palembang.” Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.
Suyatmika, et.al. (2022). SWOT Analysis in Quality Improvement Planning in Integrated Islamic Elementary School. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 6(6), 9581—9589. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4119
Widodo, H. (2019). Revitalisasi Sekolah Berbasis Budaya Mutu. Jurnal Administarsi Pendidikan, 26(1), 57—71. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.4139