Analisis SWOT sebagai Strategi dalam Peningkatan Daya Saing Lembaga PAUD di TK Permata Kasih Balikpapan

Main Article Content

Josephin Wowor
Windy Maria Walphin Palit
Ayu Erwin H
Widyatmike Gede Mulawarman

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah tingkat pendidikan sebelum tingkat pendidikan dasar yang merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan pengembangan jasmani dan rohani. Semakin pesat meningkatnya lembaga PAUD, maka ini menjadikan kompetisi antar lembaga PAUD, dan meningkatkan daya saing. Dengan begitu manajemen strategis dibutuhkan untuk menyelenggarakan lembaga dengan baik dan bersaing. Untuk menyelenggarakan manajemen, suatu lembaga perlu menganalisis terlebih dahulu, dan dalam pembahasan ini kami menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT dipahami sebagai pengujian terhadap kekuatan dan kelemahan internal sebuah organisasi/lembaga, serta kesempatan dan ancaman lingkungan eksternalnya. Sesuai dengan tujuan yaitu ingin mengetahui bagaimana manajemen strategi di TK Permata Kasih Balikpapan. Penelitian ini menggunakan suatu metode yaitu metode kualitatif dengan analisis SWOT. Setelah melakukan analisis, hasil analisis SWOT adalah sebagai berikut. Strength: TK Permata Kasih menangani semua anak dari keluarga miskin namun beberapa siswa di sini yang tergolong menengah ke atas, memilih Lembaga ini dengan alasan SDM yang berpengalaman dan berkualitas. Weakness: TK Permata Kasih lemah pada sisi ekonomi. Opportunities: Dukungan dari stakeholder yang begitu besar. Threats: Letak Geografis lembaga. SWOT merupakan langkah awal dalam manajemen strategis lembaga dalam mengembangkan rencana untuk ke depannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wowor, J., Palit, W. M. W., Erwin H, A., & Mulawarman, W. G. (2022). Analisis SWOT sebagai Strategi dalam Peningkatan Daya Saing Lembaga PAUD di TK Permata Kasih Balikpapan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 23-28. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i1.2337
Section
Articles

References

Abdel-Basset, M., Mohamed, M. & Smarandache, F. (2018). An extension of neutrosophic AHP-SWOT analysis for strategic planning and decision-making. Symmetry, 10(4). https://doi.org/10.3390/sym10040116
Benzaghta, M. A., Elwalda, A., Mousa, M., Erkan, I. & Rahman, M. (2021). SWOT analysis applications: An integrative literature review. Journal of Global Business Insights, 6(1), 55–73. https://doi.org/10.5038/2640-6489.6.1.1148
Madzlan, N. A., Rus, R. C., Mustafa, M. C. & Yassin, S. M. (2022). Validity and Reliability of Survey Items in Employer Perspective Construct on the Quality of ECCE: Rasch Measurement Model Analysis. World Journal of English Language, 12(2). https://doi.org/10.5430/wjel.v12n2p288
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik.
Rangkuti, F. (2014). Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sharma, M. & Bakshi, M. (2020). Early childhood care and education in India: A swot analysis. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(7), 4231–4238. https://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&id=L2010514355&from=export
Siti Ratnawati, S. R. (2020). PROBLEMATIKA LINIERITAS PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI (Studi Kasus di Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Al-Ihsaniyah Desa Bangun Galih Kecamatan Kramat Kebupaten Tegal). PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.581
Wang, J. & Wang, Z. (2020). Strengths, weaknesses, opportunities and threats (Swot) analysis of china’s prevention and control strategy for the covid-19 epidemic. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 17, Issue 7). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/ijerph17072235