Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas X-1 SMAN 4 Banjarmasin

Main Article Content

Hildayati Hildayati
Annisa Mayasari
Nurliani Nurliani

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas X-1 di SMA Negeri 4 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini agar mengetahui hasil belajar mata pelajaran ekonomi dari pengimplementasian kurikulum merdeka belajar. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik di kelas X-1. Data yang diperoleh peneliti menggunakan observasi, angket dan dokumentasi dengan hasil belajar kelas X-1 pada mata pelajaran ekonomi. Hasil dalam penelitian ini telah menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada kelas X-1 SMAN 4 Banjamasin ini sudah dapat terjalankan dengan baik terlihat dari tahap awal yang dijalankan sudah berjalan dengan baik selama satu semester walaupun masih dalam proses penyesuaian, dalam praktik nya program yang telah dijalankan seperti ekstrakulikuler, intrakulikuler dan projek penguatan profil pelajar pancasila sudah terjalan dengan baik. Kelebihan kurikulum merdeka belajar yaitu guru dibebaskan dalam mendesain pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hildayati, H., Mayasari, A., & Nurliani, N. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas X-1 SMAN 4 Banjarmasin. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 53-60. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i2.2247
Section
Articles

References

Angraini, W. D., Aminuyati, A., & Achmadi, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(8), 1—11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16253
Aunurrahman. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.
Chaniago, S., Yeni, D., & Setiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 2(3), 184—191. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i3.400
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Rusmono, U. (2017). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning itu Perlu: Untuk Meningkatkan Prifesionalitas Guru. Ghalia Indonesia.
Setiaji, K., Farliana, N., Supriyaningsih, S., & Kholifah, K. (2022). Penguatan Kemampuan Guru Ekonomi Dalam Implementasi Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Karinov, 5(3), 151—156. https://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/29446
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Susanto, J. (2021). Komitmen Guru dalam Peningkatan Kinerja di SMP Negeri I Muara Wahau. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 1(1), 43—56. https://doi.org/10.30872/jimpian.v1i1.462