Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Keywords:

peningkatan, minat dan prestasi, upaya, pembelajaran IPA, project based learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya untuk meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Hasil penelitian yaitu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat dan prestasi siswa kelas IV Sekolah Dasar pada pembelajaran IPA menggunakan strategi PjBL antara lain mengidentifikasi proyek yang relevan, memfasilitasi diskusi kelompok, mendorong penemuan dan eksplorasi, mengintegrasikan mata pelajaran, melibatkan komunitas, memberikan dukungan dan bimbingan, mendorong kreativitas dan inovasi, menyediakan sumber daya, menggunakan teknologi, dan melakukan evaluasi formatif. Dengan mengimplementasikan komponen-komponen tersebut, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik, kolaboratif, dan relevan dengan dunia nyata, sehingga mendorong minat belajar siswa dan memperoleh prestasi belajar yang lebih baik.

Downloads

References

Abdi Rizka Nugraha, F. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Kalem Cendekia, 9-15.

Adi Sifa Muhammad, I. R. (2018). Peningkatan Keterampilan Fluency Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1).

Amni Fauziah, A. R. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 47-53. http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9594

Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA SD. IJEL : Indonesian Journal of Education and Learning, 226-234. http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19186

Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V A Semester II Bagi Siswa SD Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764

Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12308

Winangun, I. M. A. (2021). Project based learning: strategi pelaksanaan praktikum IPA SD dimasa pandemi covid-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 11-20. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1388

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Miftahul Janah, R. M., Thifana, A. R., Susanti, R., & Marini, F. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning pada Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3678–3684. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3438

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327-333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882

Wiarsih, N. (2013). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 11(1), 78-87. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1111

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Sari, N. F. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas dalam Tema Tugasku Sehari-hari Siswa KelasrnII SDN 006 Bengkong Luat Kec Bengkong Kota Batam Tahun 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai). http://repository.universitaspahlawan.ac.id/363/

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525-1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Issue

Section

Articles