Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning)
DOI:
https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225Keywords:
peningkatan, minat dan prestasi, upaya, pembelajaran IPA, project based learningAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya untuk meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Hasil penelitian yaitu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat dan prestasi siswa kelas IV Sekolah Dasar pada pembelajaran IPA menggunakan strategi PjBL antara lain mengidentifikasi proyek yang relevan, memfasilitasi diskusi kelompok, mendorong penemuan dan eksplorasi, mengintegrasikan mata pelajaran, melibatkan komunitas, memberikan dukungan dan bimbingan, mendorong kreativitas dan inovasi, menyediakan sumber daya, menggunakan teknologi, dan melakukan evaluasi formatif. Dengan mengimplementasikan komponen-komponen tersebut, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik, kolaboratif, dan relevan dengan dunia nyata, sehingga mendorong minat belajar siswa dan memperoleh prestasi belajar yang lebih baik.
Downloads
References
Abdi Rizka Nugraha, F. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Kalem Cendekia, 9-15.
Adi Sifa Muhammad, I. R. (2018). Peningkatan Keterampilan Fluency Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1).
Amni Fauziah, A. R. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 47-53. http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9594
Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA SD. IJEL : Indonesian Journal of Education and Learning, 226-234. http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723
Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19186
Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V A Semester II Bagi Siswa SD Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764
Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12308
Winangun, I. M. A. (2021). Project based learning: strategi pelaksanaan praktikum IPA SD dimasa pandemi covid-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 11-20. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1388
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Miftahul Janah, R. M., Thifana, A. R., Susanti, R., & Marini, F. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning pada Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3678–3684. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3438
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327-333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882
Wiarsih, N. (2013). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 11(1), 78-87. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1111
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Sari, N. F. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas dalam Tema Tugasku Sehari-hari Siswa KelasrnII SDN 006 Bengkong Luat Kec Bengkong Kota Batam Tahun 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai). http://repository.universitaspahlawan.ac.id/363/
Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525-1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
|
Every work in Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC BY-SA 4.0 DEED Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.