Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keunikan Belajar

Main Article Content

Nur Aisyah Musri
Adiyono Adiyono

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kompetensi guru mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Ihsan Tanah Grogot tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah guru mata pelajaran Fiqih di MTs Al Ihsan tersebut telah melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru yang berkompetensi dalam belajar mengajar di MTs Al-Ihsan Tanah Grogot. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data adalah wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan metode induktif melalui penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru mata pelajaran Fiqih di MTs Al Ihsan Tanah Grogot tergolong baik. Dari standar yang telah ditentukan, pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru, yaitu etos kerja, semangat kerja, kualifikasi, pengalaman mengajar, bahan ajar, kesejahteraan lingkungan pendidikan, status guru, dapat menggunakan sarana atau prasarana sekolah, dan mengikuti kegiatan MGMP.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Musri, N. A., & Adiyono, A. (2023). Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keunikan Belajar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 33-42. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2203
Section
Articles

References

Adiyono. (2020a). Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Pembinaan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas X Agama di Madrasah Aliyah Negeri Paser. Cross-Border, 3(1), 224–243. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/1607
Adiyono. (2020b). Pasca Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. FIKRUNA, 2(2), 56–73. https://doi.org/10.56489/fik.v2i2.20
Adiyono, A. (2020c). Pendekatan Pendidikan Islam dalam Penerapan Manajemen. FIKRUNA, 2(1), 74–90. https://ejournal.stitibnurusyd-tgt.ac.id/index.php/FIK/article/view/11
Adiyono, A., & Pratiwi, W. (2021). Teachers’ Efforts in Improving the Quality of Islamic Religious Education. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 12302–12313. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/IJGIE/article/view/1823
Adiyono, A. (2019). Kontribusi Seleksi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Paser [UIN Antasari Banjarmasin]. https://idr.uin-antasari.ac.id/11412/
Adiyono, A., & Astuti, H. (2022). Processing of Education Assessment Results in the Evaluation of Learning Outcomes. Salwatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 50–59. http://ejournal.stitta.ac.id/index.php/salwatuna/article/view/97
Adiyono, A, & Rohimah, N. (2021). Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Paser. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(5), 867–876. https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/480
Adiyono, A., Umami, F., & Rahayu, A. P. (2023). The Application of the Team Game Tournament (TGT) Learning Model in Increasing Student Interest in Learning. Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 791–799. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/5650
Adiyono, A. (2021). Implementasi Pembelajaran : Peluang dan Tantangan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Siswa Sekolah Dasar di Muara Komam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5017–5023. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1535
Adiyono, A. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru. FIKRUNA, 4(1), 50–63. https://doi.org/10.56489/fik.v4i1.56
Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050
Adiyono, A., Fadhilatunnisa, A., Rahmat, N. A., & Munawarroh, N. (2022). Skills of Islamic Religious Education Teachers in Class Management. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 6(1), 104. https://doi.org/10.35723/ajie.v6i1.229
Adiyono, A, Lesmana, A. R., Anggita, D., & Rahmani, R. (2023). Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMKN 4 Tanah Grogot. Journal on Education, 5(2), 3492–3499. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1031
Adiyono, A., Hilir, A., Nova, A., Faridah, E. S., Jamaludin, G. M., Komariah, N., Sayekti, S., Sofyan, & Arifin, Z. (2021). Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Media Sains Indonesia.
Al Rashid, B. H., Sara, Y., & Adiyono, A. (2023). Implementation of Education Management with Learning Media in Era 4.0. International Journal of Humanities, Social Sciences and Business (INJOSS), 2(1), 48–56. https://injoss.org/index.php/joss/article/view/52
Departemen Agama RI. (2019). Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Djamarah, B. S. (2020). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.
Firmansyah. (2018). Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Melaksanakan Evaluasi Formatif di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Sungai Salak Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau [UIN Sultan Syarif Kasim] . https://repository.uin-suska.ac.id/5493/
Halimah, N., & Adiyono, A. (2022). Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek dalam Evaluasi Hasil Belajar. Educational Journal: General and Specific Research, 2(1), 160–167. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/84
Julaiha, J., Jumrah, S., & Adiyono, A. (2023). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Journal on Education, 5(2), 3108–3113. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/970
Kabariah, S., & Adiyono, A. (2023). Efforts to Use Technology Effectively in Supporting the Implementation of Educational Supervision. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(1), 63–78. https://injoe.org/index.php/INJOE/article/view/49
Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5
Maulida, L. (2021). Upaya Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Wathan NW Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(3), 149–158. https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/99047180253354585/download
Rohmawati, O., Poniyah, Rahayuningtias, Z. D., & Adiyono. (2021). Penerapan Model Pengembangan Kurikulum PAI SMA Negeri 1 Batu Engau. Soko Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 72–80. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/sokoguru/article/view/1171
Rohmawati, O., Poniyah, P., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 108–119. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/16
Saraya, A., Mardhatillah, A., & Fitriani, E. N. (2023). Educational Supervision of The Efforts Made Madrasah Family in Mts Al-Ihsan in Increasing The Professionalism of Teachers Teacher Professionalism. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 16–29. https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/article/view/815