Respon Siswa Dalam Penggunaan Media Evaluasi Quizizz Pada Kelas X Lintas Minat Geografi SMAN 1 Kauman Tulungagung

  • Laily Fauziyah SMAN 1 Kauman
  • Aris Efendi SMAS Khoiruddin Gondanglegi
  • Aisyah Trees Sandy Universitas Mulawarman
Keywords: respon siswa, quizizz, geografi

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar terhadap dunia pendidikan Indonesia. Penyebaran wabah dengan begitu cepat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media evaluasi quizziz pada kelas X lintas minat geografi di SMAN 1 Kauman. Metode penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sample, sejumlah 7 kelas atau 225 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa mudah dalam memahami materi setelah menggunakan media evaluasi quizizz (Respon siswa yang sangat setuju dan setuju jika digabungkan menjadi 52%, lebih tinggi dibandingkan penggabungan respon siswa yang tidak setuju dan sangat tidak setuju yaitu 47%). Respon siswa yang sangat setuju dan setuju jika digabungkan menjadi 53%, lebih tinggi dibandingkan penggabungan respon siswa yang tidak setuju dan sangat tidak setuju yaitu 47%. Sebagian besar siswa merasa mudah dalam menggunakan media quizizz. Respon siswa yang sangat setuju dan setuju jika digabungkan menjadi 64%, lebih tinggi dibandingkan penggabungan respon siswa yang tidak setuju dan sangat tidak setuju yaitu 36%. Dengan demikian dapat disimpulkan jika siswa sangat menyukai media quizizz untuk digunakan sebagai alternatif dalam media evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X. UIN Raden Intan Lampung.
Fadhlurrohman, D., Fitriyanti, N., Nasir, F., & Setiyani, S. (2019). PRAKTIKALITAS MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1, 55–64
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–104.
Susila Putri, Riska. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Koloid Di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Maya Stefany, Evy. 2015. Respon Siswa Pada Pengembangan Media Pembelajaran: Implementasi Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII Di SMP Negeri 4 Denpasar. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Published
2022-02-10
Section
Articles