Evaluasi Sapta Pesona Di Objek Wisata Air Hemaq Beniung Kampung Juaq Asa Kabupaten Kutai Barat

  • Chatarina Aprilia Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman
  • Mulyati Syam Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman
  • Aisyah Trees Sandy Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman
Keywords: Keywords: Evaluation, Sapta pesona, Hemaq Beniung Water Tourism Object

Abstract

Abstrak

Sapta pesona merupakan kebijakan dalam dunia pariwisata tanah air, yang mewujudkan suasana kebersamaan semua pihak untuk terciptanya lingkungan alam dan budaya-budaya bangsa dan memiliki tujuh unsur yaitu, aman tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sapta pesona di Objek Wisata Air Hemaq Beniung Kampung Juaq Asa Kabupaten Kutai Barat yang dilihat dari unsur aman, bersih sejuk, indah, ramah, dan kenangan serta mengetahui evaluasi sapta pesona di Objek Wisata Air Hemaq Beniung Kampung Juaq Asa Kabupaten Kutai Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive sampling. Hasil Penelitian menunjukan sapta pesona belum dilaksanakan dengan baik karena belum maksimal sesuai dengan standar yang ditetapkan. Pengelolaan Unsur sapta pesona di Objek Wisata Air Hemaq Beniung yang telah terlaksanakan dengan baik ada 6 yaitu aman, tertib, bersih, sejuk indah, dan ramah, sedangkan unsur kenangan belum terlaksana dengan baik dan untuk evaluasi sapta pesona menggunakan analisis IFAS dengan jumlah skor 3,15 menunjukan posisi yang kuat, analisis EFAS dengan jumlah skor 3,8 menunjukan posisi yang berpeluang besar, dan analisis SFAS mendapatkan 11 faktor startegi dengan total durasi jangka pendek ada 7, durasi jangka menengah ada 2, dan durasi jangka panjang ada 2.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amantha, Goestyari Kurnia. 2013. “Evaluasi Pelaksanaan Sapta Pesona Pada Objek Wisata Lembah Hijau Bandar Lampung”. Skripsi. Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

Critila, Windy. 2020. “Analisis Daya Tarik Wisata Hutan Adat Hemaq Beniung Juaq Asa Kabupaten Kutai Barat Menggunakan Metode ADO-ODTWA”. Skripsi Jurusan Matematikan dan Ilmu Pengethuan Alam, Universitas Mulawarman.

Hutasoit, N. (2013). Pengaruh Junlah Kunjungan Wisata Mancanegara dan Jumlah Hunian Hotel Terhadap Penerimaan Sub Sektor PDRB Industri Pariwisata di Provinsi SSumatera Utara 2004-2013. Jom Fekon, 4(1), 647–661.

Kaltimprov.go.id. "KUBAR JUARA LOMBA POKDARWIS KALTIM 2019". 31 Oktober 2019.

<https://kaltimprov.go.id/berita/kubar/juara-lomba-pokdarwis-kaltim-2019> diakses 10 Maret 2020

Rahmawati, S. W. (2017). "Analisis Persepsi Wisatawan atas Layanan Penyedia Jasa di Kampung Wisata". 50(2), 195–202. diakses 03 Maret 2020.

Riawan, Ade. "The Role Of Sapta Pesona Wisata In Increasing The Revenue Of Tourism Industry Entrepreneurs At The South Bantul Beaches ". Jurnal Khasanah 2 Sep.2017. 3 Maret 2020

Ridwan, Mohamad. 2012. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Medan: PT. SOFMEDIA.

Widiyana. "Peran POKDARWIS dalam Penerapan Sapta Pesona Pantai Purnama Kota Dumai". JOM FISIP Vol.5 Desember 2018. 3 Maret 2020.

Published
2022-02-10
Section
Articles