Analisis Isi Buku Teks Geografi Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka Terbitan Erlangga Berdasarkan Keterampilan Abad 21

  • Titis Santoso Universitas Negeri Padang
  • Yurni Suasti Program Magister Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Padang
  • Ernawati Ernawati Program Magister Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Padang
Keywords: Kata Kunci: Analisis isi, SBNP, Keterampilan abad 21, Geografi.

Abstract

Buku teks memiliki peranan penting dalam implementasi kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi dalam buku teks Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka terbitan Erlangga berdasarkan Kriteria Buku Teks BSNP dan kelengkapan komponen keterampilan abad 21 (4C). Penelitain ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Subjek penelitian yang digunakan adalah Buku teks Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka terbitan Erlangga. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian kuesioner yang berisikan indikator keterampilan abad 21 dan Kelayakan BSNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis isi buku ini dikatakan sangat layak (93%). Analisis keterampilan abad 21 dikatakan sangat baik (94%). Nilai tertinggi pada keretampilan berpikir kritis sebesar 98%. Sementara terendah ada pada keterampilan berpikir kreatif dan inovatif hanya 92%. Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang kualitas buku teks pelajaran geografi dan dapat digunakan untuk meningkatkan isi buku tersebut agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pendidikan saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliana, Y. 2017. Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Edisi Revisi Tahun 2017. Volume 7, Nomor 6.
Ariandari, W. P. (2015). Mengintegrasikan Higher Order Thinking dalam Pembelajaran Creative Problem Solving. Dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015 (halaman 489). FKIP, Universitas Jember.
BSNP. 2010. Laporan BSNP Tahun 2010. Jakarta.
BSNP. 2014. Lembar deskripsi instrumen buku siswa geografi.
Direktorat Jenderal Kebudayaan. Peraturan Direktur Jenderal Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021/HK/2018 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Bidang Kebudayaan Tahun 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2021.
Firman, Syamsiara Nur, & Moh. Aldi SL.Taim. (2023). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi . Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 82–89. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.82-89
Hidayat, T., Susilaningsih, E., Kurniawan, & Cepi. (2018). The Effectiveness of Enrichment Test Instruments Design to Measure Students Creative Thinking Skills and Problem-Solving. Thinking Skills and Creativity.https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.02.011.
HULINGGI, Mawardi; MOHAMAD, Nurdin. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya,[S.l.],v.8,n.3,p.913-920,aug.2022.ISSN2656-940X.Availableat: . Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.899.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Panduan implementasi kecakapan abad 21 kurikulum 2013 di sekolah menengah atas. Jakarta
Laar, Ester Van, Alexander J. A. M. Van Deursen, Jan A. G. M. Van Dijk, and Jos De Haan. 2017. The relation between 21st-century skills and digital skills or literacy: a systematic literature review. Computers in Human Behavior 1:1–42.
Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 1-5. [26] Yusliani, E., Burhan, H., & Nafsih, N. (2019). Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke21 Dalam Sajian Buku Teks Fisika SMA Kelas XII Semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan, 3(2), 184-191. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/39
Nofrion, N. (2018). Karakteristik Pembelajaran Geografi Abad 21. https://doi.org/10.31227/osf.io/kwzjv.
Nofrion, Syafri Anwar, Azwar Ananda, Yurni Suasti, Ikhwanul Furqon. "EXO-OLO Task Learning Model: Improving Learning Activities and Student’s Collaboration in Geography Learning Based On Lesson Study." Department of Geography, Faculty of Social Science, Padang State University, Main Campus Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Southeast Asian Geography Association (SEAGA) 13th Conference, IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 338 (2019): 012044. IOP Publishing. doi:10.1088/1755-1315/338/1/012044.
Ompusunggu, V. D. K., & Sari, N. (2019). Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Matematika. JURNAL CURERE, 3(1).BSNP. 2014. Lembar deskripsi instrumen buku siswa geografi.
Peraturan Pemeritah. 2005. Standar nasional pendidikan. Jakarta.
Pramling Samuelsson, J. T. Wagner, and E. Eriksen Ødegaard, “The Coronavirus Pandemic and Lessons Learned in Preschools in Norway, Sweden and the United States: OMEP Policy Forum,” Int. J. Early Child., vol. 52, no. 2, pp. 129–144, 2020, doi: 10.1007/s13158-020-00267-3.
Saputra, Yulian Widya. 2015. Pengembangan bahan ajar geografi pada kompetensi dasar memahami atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi kelas X SMA/MA semester II dengan menggunakan pendekatan keruangan. Jurnal Pendidikan Geografi 20 (2):53–60.
Singestecia, Regina, Eko Handoyo, and Noorocmat Isdaryanto. 2018. Partisipasi politik masyarakat Tionghoa dalam pemilihan kepala daerah di Slawi Kabupaten Tegal. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA) 2(1):63–72.
Sriyanto, B. (2021). Meningkatkan Keterampilan 4c dengan Literasi Digital di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 125-142. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.291.
Sugiyono. The Effect of Mind Mapping Method on the Ability of Writing Narrative Writings for Class VII Students of Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah Cileungsi Bogor. DOI: 10.2991/icille-18.2019.73.
Syafril, S., Utaya, S., Astina, I. K., & Handoyo, B. (2020). Studi Kelayakan Isi Buku Teks Pelajaran Geografi Kelas Xi Sma Pada Materi Flora Dan Fauna. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(3), 283-288.
Widener, Jeffrey M., Travis Gliedt, and Tziganuk Ashlee. 2016. Assessing sustainability teaching and learning in geography education. International Journal Of Sustainability in Higher Education 17(5):1–34.
Yusliani, Erlina, Hanana Laila Burhan, and Nurul Zakiatin Nafsih. 2019. Analisis integrasi keterampilan abad ke-21 dalam sajian buku teks fisika SMA kelas XII semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP) 3(November):184–91.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Seminar 2nd Science Education National Conference, 1- 18.
Published
2024-07-14
Section
Articles