Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Safinatun Najah Fina Program Magister Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Padang
  • Yurni Suasti Program Magister Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Padang
  • Ernawati Ernawati Program Magister Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30872/geoedusains.v5i1.3744

Keywords:

Pembelajaran Berdifirensiasi, Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar.

Abstract

Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka adalah metode pembelajaran yang dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran, perbedaan kemampuan dan minat. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di era kurikulum merdeka untuk meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data kajian literatur. Hasil dari penelitian berdasarkan data kajian literatur hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik karena mereka diberikan kegiatan pembelajaran yang berbeda-beda dan menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Dengan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan minat peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardyansah, N. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Ketrampilan Individu dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 7 Purwokerto.

Ayuningtyas, M., Anggun, K., Pertiwi, M., & Wijayanti, M. D. (2023). Optimizing an Inclusive Learning Environment through Differentiated Learning. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES):Conference Series, 6(3). https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82312

Florensia, S., & Suasti, Y. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 15 Padang. SOSEARCH: Social Science Educational Research, 3(2), 60–65.

Halifah, S. N., & Suasti, Y. (2023). Pengembangan Buku Saku Digital Pembelajaran Geografi Pada Materi Konsep Dasar Ilmu Geografi Menggunakan Aplikasi Canva dan Flipbook. 7.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39645

Iskandar, D. 2021. Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas ixA SMPN 1 Sape tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). 1(2): 123-140.

Kamal, S., Pd, S., & Pd, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 8 Barabai.

Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Mubarok, H. (2023). Studi Literatur Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Pedagogi. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1(1), 01–07. https://doi.org/10.59435/jipnas.v1i1.45

Navri, muhammad, & zulirfan. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 2 Sungai Apit. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 2002–2016.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Downloads

Published

2024-08-13

Issue

Section

Articles