Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 113 Jakarta

  • Maulida Berlin Fitriana Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Zid Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Oot Hotimah Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran, Media Sosial Twitter, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media sosial Twitter sebagai informasi dalam pembelajaran geografi di kelas XI IPS SMAN 113 Jakarta terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan media sosial Twitter dalam pembelajaran dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan power point dalam pembelajaran. Data diperoleh melalui pre test dan post test. Hasil uji instrumen penelitian, data bernilai valid dan reliabel. Hasil pesrsyaratan analisis menyatakan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil analisis data menyatakan bahwa nilai signifikan (sig.) yakni 0,0% dengan ketentuan dasar jika nilai sig. (2-tailed) < 5% maka berpengaruh. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media sosial Twitter dalam pembelajaran geografi terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kominfo.go.id. 2013. Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. https://www.kominfo.go.id/content/detail/3415/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-63-juta-orang/0/berita_satker#:~:text=Pengguna%20Twitter%2C%20berdasarkan%20data%20PT,keuntungan%20mencapai%20USD%20145%20juta. Jakarta.
Kurniastuti, Lilis Sri;dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Sosial Twitter Pada Materi Pemanasan Global di Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2020. VOLUME IX, DESEMBER 2020, Hal 143-148.
Mandasari, Rizky. 2016. Pemanfaatan Twitter Sebagai Sumber Belajar Geografi Dalam Perkuliahan di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Yogyakarta (The Use of Twitter as Geography Learning Resources in Geography Education Majors Lectures in Yogyakarta State University). Vol 1, No, 10. Yogyakarta.
Nofrima, S., Nurmandi, A., Dewi, D. K., & Salahudin. 2020. Cyber-Activism on the Dissemination. Gejayanmemanggil : Yogyakarta ’ s. Student movement. Jurnal Studi Komunikasi, 4(1, March), 103–116. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i1.2091.Received
Ortiz-Ospina, E. 2020. The Rise of Social Media. Cited in: https://ourworldindata.org/rise-of-social-media.
Ramadhanty, D. A. 2021. Indonesia Peringkat 6 Negara dengan Pengguna Twitter Terbanyak di Dunia 2021. Good News from Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/11/19/indonesia-peringkat-6-negara-dengan-pengguna-Twitter-terbanyak-di-dunia-2021
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-04-29
Section
Articles