Teori Perkembangan Psikososial Erik Erikson
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v3i2.4835Keywords:
Anak, Perkembangan, Psikososial, SosialAbstract
Perkembangan psikososial merupakan aspek penting dalam kesejahteraan mental dan emosional pada anak. Proses perkembangan ini melibatkan interaksi antara faktor psikologis dan sosial yang mempengaruhi perkembangan kepribadian dan kemampuan sosial anak (Arini, 2021). Teori Psikososial dikemukakan oleh Erik Erikson, ada 8 tahapan psikososial yaitu: Tahap Percaya vs Ketidakpercayaan (0-18 bulan), Tahap Otonomi vs Rasa Malu (18 bulan-3 tahun), Tahap Inisiatif vs Rasa Bersalah (3-5 tahun), Tahap Ketekunan vs Rasa Rendah Diri (5-12 tahun), Tahap Identitas vs Kebingungan Peran (12-18 tahun), Tahap Keintiman vs Isolasi (18-40 tahun), Tahap Generativitas vs Stagnasi (40-65 tahun), Tahap Kematangan vs Putus Asa (65 tahun ke atas). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam terkait teori psikososial Erik Erikson anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dan mengumpulkan informasi dari dokumen kepustakaan, seperti 12 jurnal yang sudah di teliti. Dengan memperhatikan perkembangan psikososial anak, dapat membantu mereka tumbuh menjadi individu yang kuat secara emosional dan memiliki hubungan yang sehat dengan orang lain. Ini akan berdampak positif pada kesejahteraan mental dan emosional mereka sepanjang hidup.
Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Arini, D. P. (2021). Emerging Adulthood : Pengembangan Teori Erikson Mengenai Teori Psikososial Pada Abad 21. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(01), 11–20. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v15i01.1377
Humaniora, F., Psikologi, P. S., Pembangunan, U., & Belakang, A. L. (2022). HINGGA DEWASA MENURUT PANDANGAN ERIK ERIKSON Ratu Fajrina Julieta ( 2021031035 ) Abstrak B . Identifikasi & Batasan Masalah. 2021031035.
Krismawati, Y. (2018). Teori Psikologi Perkembangan Erik H. Erikson dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini. Kurios, 2(1), 46. https://doi.org/10.30995/kur.v2i1.20
Lee, S. (2012). Erikson’s Stages of Psychosocial Development. Encyclopedia of School Psychology, 1959, 1–11. https://doi.org/10.4135/9781412952491.n97
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–464. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43
Mokalu, V. R., & Boangmanalu, C. V. J. (2021). Teori Psikososial Erik Erikson: Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 180–192. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1314
Mowata, S. O. (2013). Perkembangan psiko-sosial remaja dari perspektif Erik Erikson. Universitas Kristen Satya Wacana, 17–32. http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/4054/3/T2_752008037_BAB II.pdf
Nora, Y., Jamaris, J., & Solfema, S. (2023). Penanganan Permasalahan Sosial pada Anak dalam Pengembangan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 116–127. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4334
Rachmawati, Y. (2023). Permasalahan Sosial Emosional Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. KaduaraTimur, Pragaan, Sumenep, 7.
Teti Ratnawulan. (2018). Perkembangan Dan Tahapan Penting Dalam Perkembangan. Journal of Special Education, IV(1), 65–74.
Ulfa, S. & M. (2013). Studi Tentang Permasalahan Sosial Dan Penanganannya STUDI TENTANG PERMASALAHAN SOSIAL DAN PENANGANANNYA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI DESA TORJUN KABUPATEN SAMPANG. Jurnal BK Unesa, 4(1), 10–15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Khairunnisa Nazwa Kamilla, Alifia Nur Elga Saputri, Dayang Astri Fitriani, Sofie Aulia Az Zahrah, Putri Febiane Andryana, Istighna Ayuningtyas, Indah Salsabila Firdausia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







