Permainan Tradisional Be Gasing sebagai Sarana Pengembangan Nilai Karakter Anak Usia Dini di Kalimantan Timur

Authors

  • Khairunnisa Nazwa Kamilla Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v4i1.4830

Keywords:

Tradisional, Be Gasing, Pengembangan, Kalimantan Timur

Abstract

Permainan tradisional merupakan jenis permainan turun-temurun yang diwariskan oleh nenek moyang. Permainan tradisional mengandung unsur dan nilai-nilai yang memiliki manfaat besar bagi para pemainnya. Gasing adalah suatu permainan yang berputar pada suatu sumbu dan menjaga keseimbangan pada suatu titik tertentu. Kebudayaan di Kalimantan Timur tidak hanya akan memperluas pengetahuan kita tentang keanekaragaman budaya, tetapi juga membantu dalam melestarikan adat istiadat dan praktik tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi, terutama pada anak usia dini. Metode penelitian dalam kajian ini menggunakan metode Studi Literatur Review, penelitian ini menekankan sumber pada penggunaan  ide - ide  tertulis  pada  analisis  dan  interpretasi. Penanaman karakter berbasis budaya lokal merupakan metode yang optimal untuk mengembangkan sumber daya manusia sekaligus membangun peradaban bangsa yang berkualitas. Hal ini disebabkan oleh adanya keberagaman budaya yang menyimpan nilai-nilai kearifan lokal yang mengatur perilaku dan komunikasi masyarakat ketika berinteraksi dengan individu, kelompok, atau lingkungan alam sekitar. Dengan melibatkan anak-anak dalam permainan tradisional seperti Be Gasing, masyarakat berupaya untuk melestarikan budaya lokal dan memastikan bahwa generasi mendatang tetap mengenal dan menghargai warisan budaya mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Iriandi, B. K., Milasari, L. A., & Huda, K. (2021). Permainan tradisional Kalimantan Timur merupakan aset kebudayaan arsitektur lanskap yaitu untuk memberi kesan estetika, luas, teduh dan. Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik Sipil, 12, 6–9. http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/article/view/5976

Laini, A., Aziz, W., & Hardisa, A. (2023). Penanaman Karakter Anak Usia Dini Dalam Permainan Tradisional Pangkak Gasing. VII(Ii), 1–8.

Melinda. (2017). Eksistensi permainan tradisional di sekolah dasar. Skripsi, 8–26. https://repository.ump.ac.id/3525/3/MELINDA BAB II.pdf

Rahayu, Y. N., Rosyadi, Barlian, U. C., & Sauri, S. (2021). Analisis Standar Penilaian pada Pendidikan Menengah Atas: Studi Literatur Review. Gema Wiralodra, 12(1), 17–33. https://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/view/151

Ramdhan, A. (2023). Melestarikan Permainan Tradisional Gasing Sunda dalam Buku Cerita Bergambar. Jurnal Komunikasi Visual Institut Teknologi Nasional Bandung, 03(2), 65–79.

Rofaida, A., Sugiartha, I. W., Pathurahman, P., & ... (2017). Tinjauan Kuat Acuan Kayu Lokal Berdasarkan Atas Pemilahan Secara Mekanik. Spektrum …, 1(2), 112–120. http://www.spektrum.unram.ac.id/index.php/Spektrum/article/view/65

Sari, R. (2022). Perancangan Informasi Permainan Gasing Kayu Indonesia Melalui Media Buku Cerita Bergambar.

Septiadi, D. D., & Farihah, U. (2021). Pembangunan Karakter dan Motorik Anak Melalui Permainan Tradisional di Rumah Belajar Kali Bedadung Jember. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 75–87. https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.38

Utama, D. A. W. (2016). TA : Pembuatan Game Bergenre Casual Bertema Gasing Tradisional Dengan Memanfaatkan Fitur Gyroscope Pada Smartphone. 9–15. http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1688

Waspiah, W., Arifin, R., Putri, N. M., Safarin, M. H. A. F., & Putri, D. D. P. (2022). Student Edited Law Journals: Strengthening the Creativity of Law Students in a Challenging Era. Journal of Creativity Student, 7(2), 133–154. https://doi.org/10.15294/jcs.v7i2.38493

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Khairunnisa Nazwa Kamilla. (2025). Permainan Tradisional Be Gasing sebagai Sarana Pengembangan Nilai Karakter Anak Usia Dini di Kalimantan Timur . Early Childhood Journal, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.30872/ecj.v4i1.4830

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)