Begasing: Permainan Tradisional yang Mendorong Kreativitas dan Kerjasama Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30872/ecj.v4i1.4822Keywords:
Begasing, Permainan Tradisional, Kreativitas, Kerjasama , Anak Usia DiniAbstract
Permainan tradisional Begasing, yang dikenal di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur, memiliki potensi besar dalam mendukung perkembangan anak usia dini. Artikel ini mengkaji peran begasing dalam mendorong kreativitas dan kerjasama di kalangan anak-anak. Begasing tidak hanya menyenangkan, tetapi juga efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus, keterampilan sosial, dan kemampuan berfikir kreatif anak. Selain itu, permainan ini juga memperkuat hubungan antara teman sebaya dan menciptakan rasa saling menghargai. Dengan demikian, begasing dapat dijadikan sebagai alternatif dalam Pendidikan anak usia dini yang tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada perkembangan karakter dan sosial anak. Artikel ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan orang tua mengenai pentingnya melestarikan permainan tradisional khas Kalimantan timur sebagai bagian dari pembelajaran anak.
Downloads
References
Asri, N., Pratiwi, E., Barikah, A., & Kasanrawali, A. (2021). Pemberdayaan Olahraga Rekreasi Melalui Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional Kalimantan Selatan. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(1), 126. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5419
Cahya Saputri, P., & Katoningsih, S. (2023). Analisis Pengaruh Permainan Tradisional dalam Penguatan Kebhinekaan Global. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 392–405. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.230
Fadilla Putri, C. (2020). Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3038–3044.
Fauzi Sukron Muhammad, Jupri, Cahyono Didik, Naheria, & Cahyaningrum Krisdiana Gyta. (2023). PENINGKATAN KOMPETISI ANGGOTA KORMI MELALUI PELATIHAN PENGELOLAAN OLAHRAGA TRADISIONAL DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN KUTAI TIMUR. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(4), 2986–7819.
Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Universitas Hamzanwadi, 5(02), 275–281. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3561
Hasanah, U. (2016). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK USIA DINI.
Ilmi Sabrina Khoirunnisa. (2021). Membentuk Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(2), 77–83. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i2.960
Monica, M. A., & Mayar, F. (2019). STRATEGI GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1217–1221.
Rahayu Evi. (2023). Peran Permainan Tradisional dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal on Education, 05(04), 17721–17737.
Ramelan, H., & Suryana, D. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI. 4(2).
Relita, H., Sekarningrum, V., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK KARAKTER KONTROL DIRI ANAK USIA 6-8 TAHUN PGSD FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Indonesia. In Elementary School (Vol. 8).
Saprima, T. (2020). PERMAINAN GASING DI SAMBAS (Vol. 3, Issue 1).
Sobri, M., Nursaptini, Gunawan, Sutisna, D., & Novitasari, S. (2023). Educational Values in The Traditional Game of Begasingan. In Proceedings of the 3rd Annual Conference of Education and Social Sciences (ACCESS 2021) (pp. 359–366). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-21-3_39
Sudrajat, B., Wulandari, T., & Wijayanti, A. T. (2015). MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI PAUD AMONG SIWI. In JIPSINDO (Vol. 2, Issue 1).
Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). Pengembangan buku panduan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23477
Trismahwati, D., & Sari, N. I. (2020). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL STAI Darussalam Lampung.
Vidya Fakhriyani, D. (2016). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, 4(2).
Zaini, M., Muttaqin, H., & Hartama, S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Permainan Tradisional Gasing…-68 JIGE 1 (1) (2020) 68-72 PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PERMAINAN TRADISIONAL GASING (STUDI KASUS PERMAINAN GASING DI DESA DANGER KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR).
Zenith, D., Hanim, Z., Sjamsir, H., Keguruan, F., & Pendidikan, D. I. (2020). EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GERAK MANIPULATIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD ARSA MUDA DESA LOA RAYA (Vol. 4, Issue 2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alifia Nur Elga Saputri M.Sahir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







