Analisis Kompetensi Kepribadian Guru PAUD di TK Negeri 03 Tenggarong

Authors

  • Mutmainnah Universitas Mulawarman
  • Wilda Isna Kartika Universitas Mulawarman
  • Fachrul Rozie Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ecj.v5i2.4763

Keywords:

Kompetensi, Kepribadian, Guru

Abstract

Kompetensi kepribadian merupakan aspek penting yang harud imiliki guru PAUD untuk menjadi teladan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi kepribadian guru TK Negeri 03 Tenggarong serta upaya pengembangannya di TK Negeri 03 Tenggarong. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru PAUD TK Negeri 03 Tenggarong  telah memenuhi indikator seperti bertindak sesuai dengan norma, agama, hukum, sosial dan budaya Indonesia, dengan menunjukkan perilaku ramah dan santun terhadap anak. Guru juga telah membimbing anak sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Upaya pengembangan guru dilakukan melalui pendekatan pembelajaran keterampilan, sinergi kecerdasan IQ, EQ, dan SQ, pelatihan komunikasi, serta keikutsertaan dalam seminar dan program home visit. Maka dapatdisimpulkan bahwa guru di TK Negeri 03 Tenggarong telah memiliki kualitas kepribadian yang baik dalam mendukung proses pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nasution, I. (2019). Kompetensi Kepribadiaan Guru Paud dan Upaya Pengembangannya. Medan: Perdana Publishing.

Rismawan, A. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Perspektif Buya Hamka dan Undang- Undang Republik Indonesia Tentang Guru Dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 4, 67.

Sujarweni, W. (2018). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: PT.Pustaka Baru.

Tafsir, A. (1992). Ilmu Pendidikan dalam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 14 tentang Sistem Pendidikan.

Utari, T., Sofia, A., & Riswandi, R. (2015). Studi Analisis Pemahaman Guru PAUD terhadap Kompetensi Pedagogik di Kecamatan Metro Timur. Jurnal Pendidikan Anak, 1(5).

Yunita, L. (2019). Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Di TK Masjid Agung Kalianda Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Mutmainnah, Kartika, W. I., & Rozie, F. (2025). Analisis Kompetensi Kepribadian Guru PAUD di TK Negeri 03 Tenggarong. Early Childhood Journal, 5(2), 92–99. https://doi.org/10.30872/ecj.v5i2.4763

Issue

Section

Articles