PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MONTASE USIA 5-6 TAHUN DI TK BARUNAWATI 3 SAMARINDA

  • Setia Anggawati
  • Sujiman Sujiman Universitas Mulawarman
  • Fachrul Rozie Universitas Mulawarman
Keywords: Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Montase

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap kemampuan motorik halus anak di TK. Barunawati 3 Samarinda masih rendah.  Penelitian ini tindakan kelas (classroom action research) menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. bertujuan untuk perkembangan motorik halus anak dengan kegiatan montase. Hasil penelitian ini melalui 3 siklus, Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil  penelitian pada siklus I, II, dan III menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak setelah pemberian kegiatan montase. di TK. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan perolehan jumlah nilai pada siklus I yaitu 151 perolehan nilai rata-rata yaitu 38%. Pada siklus II yaitu 246,5% perolehan nilai rata-rata yaitu 62%. Pada siklus III yaitu 350,5% nilai rata-rata yaitu 88% dengan kriteria berkembang sangat baik. Berdasarkan data tersebut di atas, dapat disimpulkan kegiatan montase dapat meningkatan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK. Barunawati 3 samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hildayani Rini. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

J.W. Santrok (2007). Perkembangan Anak Edisi ke Sebelas Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Muharrar Syakir, dan Verayanti Sri. (2013). Kolase, Montase, dan Mozaik.

Jakarta: Essensi Erlangga Group.

Rasyid Harun, Mansyur dan Suratno. (2009). Assesmen Pembelajaran di Sekolah.

Jakarta: Multi Pressindo.

Sanjaya Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group

Suharsaputra Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sujiono Bambang. (2008). Medote Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.

Jakarta: Departmen Pendidikan Nasional.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta;

Suyadi dan Ulfah Maulidiyah. (2012). Konsep Dasar Paud. Bandung: PT. Ramaja Rodakarya Offset.

Wahyudin Uyu dan Agustin Mubiar. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Refika Aditama.

Wiyani Novan Ardy. (2013). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media

Published
2021-06-30
Section
Articles

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'