Penerapan model cooperative integrated reading and composition berbantuan komik untuk mengurangi miskonsepsi siswa tentang tata nama senyawa dan persamaan reaksi

  • Oktaviana Oktaviana Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia
  • Usman Usman Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia
Keywords: CIRC, pembelajaran langsung, komik, miskonsepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi miskonsepsi siswa pada pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi melalui penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbantuan media komik. Partisipan dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas X SMA jurusan MIPA. Partisipan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostic miskonsepsi yang dilengkapi dengan metode certainty of respon index (CRI). Dari hasil penelitian diperoleh data persentase miskonsepsi siswa sebelum penerapan CIRC adalah sebesar 47,32% dan sesudah penerapan adalah sebesar 25,03%, sehingga diperoleh penurunan miskonsepsi adalah sebesar 22,29%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan miskonsepsi siswa pada pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi dapat dikurangi dengan penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan media komik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-30
How to Cite
Oktaviana, O., Intan Widiyowati, I., & Usman, U. (2019). Penerapan model cooperative integrated reading and composition berbantuan komik untuk mengurangi miskonsepsi siswa tentang tata nama senyawa dan persamaan reaksi. Bivalen: Chemical Studies Journal, 2(2), 37-41. https://doi.org/10.30872/bcsj.v2i2.314
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>