Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Kepuasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah Kota Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/bedu.v6i1.4796Keywords:
Motivasi Belajar, Kedisiplinan Belajar, Kepuasan Belajar SiswaAbstract
Peran motivasi belajar dan kedisiplinan belajar sebagai faktor internal yang
berpengaruh pada kinerja akademik penting yang dimiliki siswa khususnya dalam implementasi
pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar
dan kedisiplinan belajar terhadap kepuasan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Penelitian menggunakan analisis pendekatan kuantitatif dengan regresi linier berganda,
dengan sampel 60 siswa yang memilih mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Hasil uji f diperoleh nilai Fhitung = 18,498 > Ftabel
3,16, dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka disimpulkan motivasi belajar dan kedisiplinan
belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan belajar siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R square sebesar
0,394 artinya motivasi belajar dan kedisiplinan belajar berpengaruh sebesar 39,4% terhadap
kepuasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa motivasi belajar dan kedisiplinan
belajar memiliki hubungan yang erat dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih positif
dan meningkatkan kepuasan siswa dalam pembelajaran ekonomi.





