Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
Implementation of Differentiated Learning Through Interactive Media to Enhance Learning Motivation
DOI:
https://doi.org/10.30872/adjektiva.v8i2.5037Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, media interaktif, motivasi belajar, teks puisi, penelitian tindakan kelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran teks puisi melalui penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dilengkapi dengan penggunaan media interaktif. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap materi teks puisi dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Malang. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang mencakup empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui observasi, angket motivasi belajar, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa, yang tercermin dari peningkatan partisipasi aktif dari 55% di siklus I menjadi 85% di siklus II, serta peningkatan skor rata-rata angket motivasi belajar dari kategori sedang (68) menjadi tinggi (84). Selain itu, 87% siswa menyatakan bahwa media interaktif membantu mereka memahami materi puisi dengan lebih baik. Oleh karena itu, strategi pembelajaran berdiferensiasi yang didukung media interaktif terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang adaptif, kolaboratif, dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
Downloads
References
Anggoro, S., Fitriati, A., Thoe, N. K., Talib, C. A., & Mareza, L. (2024). Differentiated instruction based on multiple intelligences as promising joyful and meaningful learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 13(2), 1194–1204. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i2.24791
Aulia, H., Hafeez, M., Mashwani, H. U., Careemdeen, J. D., Mirzapour, M., & Syaharuddin. (2024). The role of interactive learning media in enhancing student engagement and academic achievement. International Seminar on Student Research in Education, Science, and Technology, 1(April), 57–67. http://journal.ummat.ac.id/index.php/issrestec
Dhitya, G., & Setiyowati, A. J. (2024). Upaya meningkatkan motivasi belajar melalui bimbingan klasikal dengan media audio visual: Literatur review. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(7). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i7.2024.4
Fitriyani, A. (2020). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 123–132.
Handayani, R., & Prasetyo, A. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Quizizz dan Canva terhadap motivasi belajar peserta didik SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 45–55.
Hardika, J., Bentri, A., Hakim, R., J, F. Y., & Hardika, J. (2024). Development of interactive learning media mobile learning in science for class VIII junior high school. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 10(11), 9751–9758. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i11.8630
Palangda, L., & Laloan, C. (2023). Pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa di SMKN 2 Tondano. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4), 9627–9640. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4734
Putri, I. A., & Ramdhani, L. (2024). The influence of interactive learning media in improving students’ critical thinking skills in computer system subjects software utilisation. Journal of Innovation in Multidisciplinary Education (JIME), 10(4), 1–7. https://doi.org/10.58258/jime.v
Susanti, L. (2022). Penggunaan media video interaktif dalam pembelajaran puisi untuk meningkatkan pemahaman estetika dan makna. Jurnal Inovasi Pembelajaran Bahasa, 10(3), 211–220.
Yogi Fernando, Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khoirun Nadhiroh, Umi Farida, Ilma Maretiana Mawadah, Etty Umamy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.













