Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Fir'aina Urasyiqin Universitas Mulawarman
  • Endang Dwi Sulistyowati Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/adjektiva.v7i2.4269

Keywords:

Motivasi Belajar, Prestasi belajar, Siswa

Abstract

Pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila interaksi antar pendidik dan peserta didik berlangsung aktif serta tujuan yang diharapkan dapat tercapai dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Tercapainya tujuan pengajaran dapat dilihat melalui prestasi belajar yang dicapai. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah adalah motivasi. Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk  mencapai arah dan tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi belajar teks eksposisi kelas X di SMAN 2 Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 2 Balikpapan tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel sebanyak 104 siswa. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antar motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana, diketahui nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Selain itu diketahui nilai R square sebesar 0,112 maka dapat dikatakan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 11,2%, sedangkan 88,8% lainnya  dipengaruhi  oleh  faktor  lain. Hasil analisis deskriptif juga menunjukan bahwa motivasi belajar teks eksposisi siswa berada dalam kategori tinggi sebanyak 59%. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam pembelajaran teks eksposisi pada siswa kelas X adalah karena adanya dorongan dalam diri untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan teman yang lain, dan keinginan untuk mendapatkan reward atau hadiah dari orang tua masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, S., Ghozali, S., & Suwarsito, S. (2019). Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 134–138. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1369

Ali, M. (2021). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi (Digital). Angkasa.

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(1), 4.

Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa (A. Kamsyach (ed.)). PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Kusumastuti, A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Jogjakarta: Deepublish.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.

Muhson, A. (2016). Pedoman Praktikum Analisis Statistik. Universitas Negeri Yogyakarta, 53(9), 5–76.

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalan Metode Penelitian. Jurnal Manajemen dan Wirausaha, 4(2), 123-136. https:// doi.org/10.9744/jmk.4.2.pp.123-136

Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660–1668. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.630

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992

Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarak, I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6, 228–234.

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan (Kedua). Prenada Media Group.

Sardiman A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, D. P., AR, R., & Deskoni, D. (2018). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sman3 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 80–88. https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5639

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591

Sobandi, R. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Pangandaran. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 306. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.634

Syamsu Yusuf. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Rizqi Pers.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Tarmizi (ed.)). Bumi Aksara.

Y. Saptono. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Volume I | Nomor 1| Maret, 1(1), 189-212

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Urasyiqin, F., & Sulistyowati, E. D. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2022/2023. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 7(2), 87–100. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v7i2.4269

Issue

Section

Articles