Ragam Bahasa Gaul Dalam Video Youtube Atta Halilintar

Main Article Content

Muhammad Misbahul Fatta
Tri Prasetyaning Tyas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ragam bahasa gaul dalam video YouTube Atta Halilintar dan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penggunaan bahasa gaul. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik simak dan katat. Data ditemukan bersumber dari video youtube Atta Halilintar dalam unggahan bulan Oktober 2023. Hasil penelitian ini, ditemukan sebanyak 44 ragam bahasa gaul dalam video Youtube Atta Halilintar dalam unggahan bulan Oktober 2023 yang terdiri dari (6) pemenggalan, (2) kontraksi, (2) akronimnya, (5) peminjaman bahasa lokal, (21) peminjaman bahasa asing, dan (8) bentuk kata tidak baku. Dari ditemukannya penemuan bahasa gaul, penemuan paling banyak yaitu peminjaman bahasa asing, yang dipengaruhi oleh dua fakor yaitu faktor usia dan lingkungan. Pengaruh faktor usia disebabkan karena unsur kesengajaan untuk menarik minat penggemar dan mengikuti gayanya yang kekinian. Sedangkan faktor lingkungan disebabkan karena lingkungan keluarganya yang sudah menjadi selebritis sehingga kehidupannya yang terbiasa berkumpul dengan selebritis lain membuat terjadinya pengguanan bahasa gaul tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fatta, M. M., & Tri Prasetyaning Tyas. (2024). Ragam Bahasa Gaul Dalam Video Youtube Atta Halilintar. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v7i1.2937
Section
Articles

References

Amran, A. F., Adam, A., & Andhira, D. A. (2022). Analisis Bahasa Gaul dalam Video Youtube Deddy Corbuzier:(Kajian Sosiolinguistik: Makna Singkatan dan Makna Kiasan Bahasa Gaul). Jurnal Konsepsi, 11(1), 98-105.
Azizah, A. R. A. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja. Jurnal Skripta, 5(2).
Cahyani, A. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Dalam Ceramah Ustaz Hannan Attaki Di Kanal Youtube. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 187-193.
Gunawan, F. (2013). “Implikasi Penggunaan Bahasa Gaul Terhadap Pemakaian Bahasa Indonesia Di Kalangan Siswa SMAN 3 Kendari, Al-Izzah.”
Hamidah, A. A. A., Rosalina, S., & Triyadi, S. (2023). Kajian Sosiolinguistik Ragam Bahasa Gaul di Media Sosial Tiktok pada Masa Pandemi Covid-19 dan Pemanfaatannya Sebagai Kamus Bahasa Gaul. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 61-68.
Hidayat, A. (2021). Penggunaan Bahasa Prokem dalam Unggahan Video Chanel Youtube Qorygore. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 19-23.
Kridalaksana, H. (1978). Sosiolinguistik dalam Leksikografi. Tugu:Panitia Penataran Leksikografi (Pusat Bahasa)
Mastuti, Indari. (2008). Bahasa Baku vs Bahasa Gaul . Jakarta: Hi-Fest Publishing.
Mulyana, Deddy. (2008). Bahasa Untuk Perguruan Tinggi. Rembang: Yayasan Adhigama.
Novarya, A. N., & Purwaka, A. (2020). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Siswa SMP Nusantara Palangkaraya Tahun.
Padmadewi, N. et al. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Prasetiaji, D., & Sabardila, A. (2015). Analisis Bahasa Gaul pada Novel Kambing Jantan Karya Raditya Dhika (Disertasi Doktor, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Puspaningtyas, E., Simarmata, R. F., & Febriana, I. (2023). Analisis Bahasa Gaul Dalam Video Youtube Denny Sumargo. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(2), 150-161.
Putri, YS, Basuki, R., & Djunaidi, B. (2021). Bahasa Gaul Dalam Media Sosial Tiktok. Jurnal Ilmiah KORPUS , 5 (3), 315-327.
Riyanto, K. B., Triana, L. & Nirmala, A. A. (2020).analisis bahasa gaul penyiar radio anita fm tegal dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa indonesia di sma. jurnal inovasi pembelajaran karakter, 5 (2).
Rosanti, D. (2009). Analisis Penggunaan Bahasa Gaul dalam Wacana Cerpen Remaja Di Tabloid Gaul Edisi Bulan Januari-Februari 2009 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Santoso, N. P. (2018). Kajian Sosiolinguistik Pemakaian Bahasa Indonesia oleh Penutur Asing dalam Konten Video Youtube. Bahastra, 38(1), 49-57.
Suciati, S. (2020). Dampak Pengunaan Bahasa Slank Terhadap Tata Bahasa Indonesia: Studi Kasus Pada Kolom Komentar Grup Lambe Turah Di Instagram (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).
Swandy, Eduardus. (2017). “Bahasa Gaul Remaja dalam Media Social Facebook”. Dalam Jurnal: Bastra.
Wijaya, K. (2018). Analisis Bahasa Gaul dalam Novel Ayat Amat Cinta Karya Asma Nadia, Boim Lebon, Fahri Asizah, Birulaut-Taufan E. Prast, Lian Kagura, Rex-Ratno Fadillah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).
Wulandari, R., Fawaid, F. N., Hieu, H. N., & Iswatiningsih, D. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul Pada Remaja Milenial di Media Sosial. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(1), 64-76.