MEMBUDAYAKAN LITERASI MELALUI METODE BATU-BASAH SISWA KELAS II A SDN 007 SUNGAI PINANG SAMARINDA

  • Sri Mulyati SDN 007 Sungai Pinang
Keywords: Membudayakan Literasi,, Metode Batu-Basah

Abstract

Literasi adalah suatu kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis. Dengan kata lain, literasi adalah seperangkat keterampilan dan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berhitung, serta memecahkan masalah dalam kehidupannya sehari-hari. Gerakan Literasi Sekolah adalah suatu usaha atau kegiatan yang bersifat partisipatif dengan melibatkan warga sekolah mulai dari peserta didik, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, komite sekolah, wali murid,  penerbit, media massa, tokoh masyarakat yang dapat merepresentasikan keteladanan bagi generasi bangsa. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2015. Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran   yang warganya literat sepanjang   hayat.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat baca siswa.Metode yang digunakan adalah Batu-Basah yang merupakan akronim dari Baca Tuliskan-Baca Sampaikan Hasil yang merupakan upaya meningkatkan minat baca melalui metode yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan dari 28 siswa kelas II A memiliki minat baca yang tinggi, hanya masih ada 3 siswa belum lancar membaca dan akan diberikan bimbingan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Mulyati, S. (2020). MEMBUDAYAKAN LITERASI MELALUI METODE BATU-BASAH SISWA KELAS II A SDN 007 SUNGAI PINANG SAMARINDA. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 1, 88-92. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.703
Section
Articles