MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT TINGGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TEMA 4 SUB TEMA 3 MUATAN PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN 020 SAMARINDA ULU

  • Siti Rufiatun Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran inkuiri, Muatan Pelajaran IPA

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan permasalahan dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 020 Samarinda Ulu hasil belajar kognitif tingkat tinggi siswa masih perlu ditingkatkan dalam pembelajaran. Model pembelajaran inkuiri merupakan alternatif solusi untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran IPA.Praktek pembelajaran didesain sebanyak 3 kali pembelajaran yang terdiri dari Siklus I, siklus II, dan siklus III. Penelitian dilaksanakan di SDN 020 Samarinda ULu dengan subjek penelitian siswa keals V yang berjumlah 32 orang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar kognitif tingkat tinggi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri tema 4 sub tema 3 muatan pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 020 Samarinda Ulu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunana model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar berfikir kognitif tingkat tinggi siswa dilihat dari aktifitas siswa dan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,62 pada siklus I, 89 pada siklus II, dan 90,15  siklus III. Pada siklus ke III seluruh siswa (100%) berhasil/tuntas dalam pembelajaran IPA materi cara menjaga kesehtan organ peredaran darah.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar berfikir kognitif tingkat tinggi siswa kelas V SDN 020 Samarinda Ulu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Rufiatun, S. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT TINGGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TEMA 4 SUB TEMA 3 MUATAN PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN 020 SAMARINDA ULU. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 1, 80-87. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.702
Section
Articles