PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN MINAT BELAJAR PPKN

  • Khairun Nida Universitas Mulawarman
Keywords: Karakteritik Individu, Media Power Point, Pembelajaran Daring, Pendekatan Kontekstual

Abstract

Hasil belajar siswa SD Muhammadiyah Muara Jawa khususnya kelas 3 dalam pembelajaran PPKN masih rendah, terbukti dengan prosentase capaian ketuntasan klasikal 25%. Hal ini disebabkan oleh rendahnya minat belajar siswa, terbukti hasil angket minat belajar menunjukkan prosentase 27%. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar adalah dengan menggunakan media pembelajaran power point. Penelitian ini merupakan PTK. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Penelitian menggunakan metode diskriptif kuantitatif. Populasi merupakan siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Muara Jawa. Data diperoleh dari dokumen, angket, observasi, maupun tes akhir siklus. Setelah dilakukan tindakan, minat dan hasil belajar siswa tiap siklus selalu meningkat. Presentase minat siswa pada siklus I, II dan III sebesar 60,5%, 87,6%, dan 94%. Hasil belajar siklus I, II, dan III sebesar 31%, 72% dan 94%. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran power point yang berisi gambar-gambar dan penjelasan. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran power point yang berisi gambar-gambar dan penjelasan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Nida, K. (2020). PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN MINAT BELAJAR PPKN . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 1, 63-68. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.697
Section
Articles