PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI BENDA KONKRET SISWA KELAS II SDN 005 BABULU

  • Juryana Universitas Mulawarman
  • Wingkolatin Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Peningkatan, Pembelajaran STAD, Bangun Datar, Benda Konkret

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tema 4 mupel matematika materi bangun datar melalui media benda konkret menggunakan model STAD pada siswa kelas II SDN 005 Babulu semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 005 Babulu dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II yang jumlah 17 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan satu pertemuan pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan evaluasi hasil belajar, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media benda konkret menggunakan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar tema 4 mupel Matematika materi bangun datar pada siswa kelas II SDN 005 Babulu semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Peningkatan hasil belajar diketahui dari siswa yang tuntas atau mendapatkan nilai sama dengan atau lebih dari KKM pada siklus I sebanyak 9 siswa dengan rata-rata nilai 69 meningkat pada siklus II siswa tuntas semua dengan rata-rata nilai 94 dan meningkat lagi pada siklus III mendapatkan rata-rata nilai 100, semua siswa mendapatkan nilai sempurna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Juryana, & Wingkolatin. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI BENDA KONKRET SISWA KELAS II SDN 005 BABULU . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 1, 58-62. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.696
Section
Articles