UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD IT BALIKPAPAN ISLAMIC SCHOOL

  • Ananti Nugrahani Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar IPS, Peningkatan, Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan pada siswa kelas V di SDIT Balikpapan Islamic School, diketahui bahwa siswa kurang antusias dalam kegiatan pelajaran IPS. Hasil belajar siswa pun belum mencapai target Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penyebab permasalahan antara lain pembelajaran masih bersifat kovensional (ceramah) dan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat, sehingga siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDIT Balikpapan Islamic School semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Model PBL merupakan pembelajaran berbasis masalah yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari mata pelajaran. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus diadakan perbaikan pembelajaran berdasarkan hasil observasi selama pembelajaran. Berdasarkan data hasil belajar dalam setiap siklus dapat diketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I, siklus II, dan siklus III telah mencapai peningkatan. Hal ini dikarenakan guru mengikuti langkah-langkah dalam RPP, menyampaikan materi sesuai dengan indikator yang ada di RPP, mengaktifkan siswa, melakukan perbaikan pembelajaran di siklus II dan siklus III berdasarkan hasil temuan kekurangan-kekurangan pada siklus I. Dengan demikian kegiatan pembelajaran bisa lebih baik lagi dan mencapai target yang ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Nugrahani, A. (2020). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD IT BALIKPAPAN ISLAMIC SCHOOL . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 1, 49-57. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.695
Section
Articles