PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI NILAI DAN KESETARAAN MATA UANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

  • Yuli Aminah Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Nilai dan Kesetaraan Mata Uang, Peningkatan, Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan nilai dan kesetaraan mata uang dan penerapannya bagi siswa kelas II SDN 004 Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan subjek siswa kelas II SD yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digubakanb adalah deskriptif persentase dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan penggunaan mata uang bagi siswa kelas II SDN 004 Waru. Peningkatan tersebut ditunjukan dengan tercapainya KKM yang telah ditentukan oleh sekolah, yakni 65%. Adapaun nilai pre-test yang diperoleh siswa adalah 53,8% yang tergolong dalam kategori kurang. Setelah diberikan tindakan siklus I berupa penggunaan model problem based learning (PBL), kemampuan siswa dalam materi nilai dan keseteraan pecahan mata uang serta penerapannya mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut berupa perolehan nilai dalam post-test siklus I yakni 61,5% dan masuk kategori cukup. Pada siklus II dilakukan beberapa modifikasi dalam proses pembelajaran dan nilai yang diperoleh siswa adalah 76,9% dengan kategori baik. Pada siklus III meningkat lagi yakni 100%. Adapun persentase peningkatan kemampuan penggunaan mata uang bagi siswa kelas II SDN 004 Waru dari pretest hingga post-test siklus III adalah sebesar 38,5%.     

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Aminah, Y. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI NILAI DAN KESETARAAN MATA UANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 1, 42-48. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.693
Section
Articles