PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS VI SDN 032 PENAJAM

Authors

  • Ahmadi Universitas Mulawarman
  • PM Labulan Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.690

Keywords:

Peningkatan Hasil belajar, Penghematan Energi Listrik, Pembelajaran Discovery

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang penghematan energi listrik melalui metode discovery pada kelas VI SDN 032 Penajam. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika metode discovery diterapkan, maka hasil belajar siswa tentang penghematan energi listrik pada kelas VI SDN 032 Penajam dapat meningkat. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang atau siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan  yang berarti baik pada aktivitas guru maupun siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang penghematan energi listrik. Peningkatan itu dapat dilihat pada setiap siklus. Siklus I mencapai kategori kurang (K), siklus II mencapai kategori sedang (S) dan siklus III mencapai kategori tinggi (T). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode discovery dalam pembelajaran penghematan energi listrik dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang penghematan energi listrik pada kelas VI SDN 032 Penajam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmadi, Universitas Mulawarman

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang penghematan energi listrik melalui metode discovery pada kelas VI SDN 032 Penajam. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika metode discovery diterapkan, maka hasil belajar siswa tentang penghematan energi listrik pada kelas VI SDN 032 Penajam dapat meningkat. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang atau siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan  yang berarti baik pada aktivitas guru maupun siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang penghematan energi listrik. Peningkatan itu dapat dilihat pada setiap siklus. Siklus I mencapai kategori kurang (K), siklus II mencapai kategori sedang (S) dan siklus III mencapai kategori tinggi (T). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode discovery dalam pembelajaran penghematan energi listrik dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang penghematan energi listrik pada kelas VI SDN 032 Penajam.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Ahmadi, & Labulan, P. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS VI SDN 032 PENAJAM. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 1, 31–35. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.690