KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULISKAN HUBUNGAN GAMBAR PADA LAMBANG NEGARA DAN SILA PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA KELAS 2 SDN KAJENENGAN 02

Authors

  • Eka Yuli Setyorini Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.689

Keywords:

Hubungan Gambar, Kemampuan, Lambang Negara, Pembelajaran Langsung

Abstract

Kemampuan siswa dalam menuliskan lambang negara dan sila pancasila masih tergolong rendah yaitu siswa kurang menguasai penulisan lambang negara pada bunyi sila pancasila, sehingga hal itu menyebabkan kemampuan belajar yang dicapai oleh siswa masih rendah. Sehingga diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menuliskan lambang negara pada sila pancasila dengan menggunakan pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Kajenengan 02 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2020/2021 pada kompetensi dasar hubungan antara simbol dan sila-sila pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apabila nilai rata-rata kelas ≥ 65 dengan persentase ketuntasan klasikal ≥ 80%. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diketahui bahwa  rata-rata nilai tes akhir siklus I yaitu 72 dan nilai rata-rata tes siklus II yaitu 81,81 dan nilai rata-rata siklus III yaitu 88,18. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menuliskan lambang negara dan sila pancasila siswa kelas II SD Negeri Kajenengan 02 Kabupaten Tegal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eka Yuli Setyorini, Universitas Mulawarman

Kemampuan siswa dalam menuliskan lambang negara dan sila pancasila masih tergolong rendah yaitu siswa kurang menguasai penulisan lambang negara pada bunyi sila pancasila, sehingga hal itu menyebabkan kemampuan belajar yang dicapai oleh siswa masih rendah. Sehingga diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menuliskan lambang negara pada sila pancasila dengan menggunakan pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Kajenengan 02 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2020/2021 pada kompetensi dasar hubungan antara simbol dan sila-sila pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apabila nilai rata-rata kelas ≥ 65 dengan persentase ketuntasan klasikal ≥ 80%. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diketahui bahwa  rata-rata nilai tes akhir siklus I yaitu 72 dan nilai rata-rata tes siklus II yaitu 81,81 dan nilai rata-rata siklus III yaitu 88,18. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menuliskan lambang negara dan sila pancasila siswa kelas II SD Negeri Kajenengan 02 Kabupaten Tegal.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Setyorini, E. Y. . (2020). KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULISKAN HUBUNGAN GAMBAR PADA LAMBANG NEGARA DAN SILA PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA KELAS 2 SDN KAJENENGAN 02. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 1, 24–30. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.689