PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMULA SISWA KELAS I MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA TEMA 4 SDN BUNIPAH 2

  • Rohana Universitas Mulawarman
Keywords: Keterampilan Membaca, Media Kartu Kata

Abstract

Kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Bunipah 2 belum optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah konsep pembelajaran yang kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih dan menerapkan metode membaca yang efektif. Media yang digunakan juga belum bervariasi. Selama ini guru hanya menggunakan metode mengeja dan kartu huruf sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Bunipah 2 dengan menggunakan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, yaitu pada siklus I dengan menggunakan media kartu kata bergambar berwarna, siklus II menggunakan media kartu kata bergambar hewan dan siklus III menggunakan video tentang membaca dengan kartu kata.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Bunipah 2 dengan jumlah siswa 10 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan media kartu kata terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Bunipah 2 yaitu nilai siswa meningkat dari nilai rata-rata 61 menjadi 84. Sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka peningkatan ini tergolong baik. Penggunaan media kartu kata yang didukung media pembelajaran yang relevan juga berdampak pada peningkatan aktivitas dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Rohana. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMULA SISWA KELAS I MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA TEMA 4 SDN BUNIPAH 2. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 1, 21-23. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.688
Section
Articles