PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS II SDN 5 CIHONJE

  • Esti Afriyani Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Realistic Mathematics Education (RME)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan penggunaan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan sikap percaya dan hasil belajar. Peneliti menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) sebab pada langkah kedua, yaitu mengajak siswa menyelesaikan masalah dan langkah ketiga, yaitu memfasilitasi siswa berani mengemukakan pendapatnya, dapat membantu siswa menjadi percaya diri. Meningkatkan hasil belajar siswa diupayakan melalui penggunaan media berupa pecahan mata uang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari empat langkah, yaitu perencaaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Ada tiga siklus yang dilakukan peneliti. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas II SD Negeri 15 Cihonje. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya peningkatan hasil belajar dari kondisi awal 26,67 siklus I menjadi 46,67, siklus II menjadi 80, dan siklus ke III menjadi 93. Dengan demikian penggunaan RME dapat membantu siswa meningkatkan sikap kurang percaya diri menjadi cukup percaya diri dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Afriyani, E. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS II SDN 5 CIHONJE. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 1, 5-10. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v1.686
Section
Articles